get app
inews
Aa Read Next : 96 Pemudik Asal Banyumas Ikut Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

5 Rekomendasi Oleh-oleh Makanan Khas Purwokerto saat Mudik Lebaran 2022

Selasa, 03 Mei 2022 | 12:23 WIB
header img
Proses pembuatan Nopia, makanan khas Banyumas. (Foto : Aryo Rizqi).

4. Soto Sokaraja


Soto Sokaraja (Foto: Dok Coolpad)

Tidak seperti oleh-oleh yang lain, oleh-oleh ini tergolong dalam jenis makanan basah. Ciri khas dari Soto Sokaraja adalah pada bumbu kacangnya. 

Ciri khas tersebut menjadi pembeda dengan jenis soto pada wilayah lain yang kuahnya cenderung bening atau kuning.

Meski tergolong dalam makanan basah, para wisatawan dapat membawanya sebagai buah tangan dengan membelinya secara terpisah atau dibungkus terpisah antara kuah dan isi dari soto itu sendiri.Dengan label Sokaraja, Soto Sokaraja banyak dijumpai di daerah Sokaraja, Banyumas. 

Kendati demikian, di Purwokerto sendiri Soto Sokaraja dapat dijumpai di Jenderal Sutoyo, Kedungwuluh, Purwokerto Barat, Banyumas dengan nama Soto Lama. Menjadi cabang dari Soto Lama Sokaraja, harga yang dipatok mulai dari Rp 22.000,- untuk soto ayam dan Rp 24.000,- untuk soto sapi.

5. Keripik Dage dan Keripik Tempe


Keripik Tempe (Foto: Ist)

Dage merupakan makanan yang terbuat dari ampas tahu yang kemudian disajikan dengan cara digoreng dengan lumuran tepung. Selain disajikan dengan cara digoreng, dage sendiri juga diolah menjadi keripik. 

Selain keripik dage, ada juga keripik tempe yang keduanya merupakan salah satu pilihan favorit untuk dijadikan buah tangan. Keduanya juga relatif cukup mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh maupun di pasar. 

Dengan harga mulai dari Rp 12.500, pengunjung dapat membawa satu bungkus kecil keripik dage atau keripik tempe sebagai oleh-oleh.

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut