Logo Network
Network

Pertamina Cilacap Nominasikan 2 Program Unggulan dalam Lomba Desa Mandiri Energi 2021

Elde Joyosemito
.
Kamis, 27 Mei 2021 | 18:38 WIB
Pertamina Cilacap Nominasikan 2 Program Unggulan dalam Lomba Desa Mandiri Energi 2021
Pertamina RU IV Cilacap ikuti Lomba Desa Mandiri Energi (DME) 2021 yang diselenggarakan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng. (Foto: Dok pertamina Cilacap).

CILACAP, iNews.id- Pertamina Refinery Unit wilayah Cilacap kembali ikut ambil bagian Lomba Desa Mandiri Energi (DME) 2021 yang diselenggarakan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah. Tahun ini, Pertamina menominasikan 2 program unggulan di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut. 

Rangkaian lomba DME 2021 kini memasuki tahap penilaian, ditandai visitasi Tim Penilai dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah ke lokasi program di Dusun Bondan, Jumat (21/5). Dua objek program yang dikunjungi adalah Sistem Desalinasi Air Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas) dan Masyarakatku Mandiri melalui Tambak Polikultur Biofilter (Mas Kuter).

Dalam kesempatan itu Tim Penilai mendapatkan pemaparan program dari peserta lomba dan survei lingkungan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, terbatas dihadiri oleh beberapa perangkat desa dan dusun setempat. Adapun Tim Penilai dipimpin oleh Profesor Kusmiyati, didampingi anggota Giyono dan Edi Sarwono.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Refinery Unit wilayah Cilacap, Hatim Ilwan menerangkan Sidesi Mas merupakan inisiatif Pertamina bekerjama dengan kampus Politeknik Negeri Cilacap.

“Inovasi ini fokus pada penyediaan air bersih yang layak konsumsi melalui sistem desalinasi air. Dampaknya masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan mudah dan harga murah,” kata Hatim kepada wartawan, Kamis (27/5/2021).

Sedangkan Mas Kuter merupakan program _Corporate Social Responsibility_ (CSR) Pertamina di mana siklus kehidupan satwa di tambak dipadukan dengan tanaman mangrove yang berperan sebagai pakan alami.

“Melalui kedua program ini, kami membuktikan komitmen pemberdayaan masyarakat, khususnya di wilayah terpencil, dengan memaksimalkan potensi dan kearifan lokal secara berkelanjutan," imbuh Hatim.

Sebelumnya Pertamina Cilacap meraih juara 1 DME 2019 untuk program Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin (E-Mas Bayu) dan Energi Mandiri Tambak (E-Mbak Mina) juga di Dusun Bondan. Selanjutnya juara 3 DME 2020 dengan program unggulan tentang dampak ekonomi dari program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina, seperti usaha potong rambut, bengkel elektronik, mesin jahit, dan mesin penggiling tepung.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.