PURWOKERTO, iNews.id - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto mengangkut sebanyak 259 ribu penumpang lebih pada masa angkutan Lebaran 2022.
Masa angkutan Lebaran selama 22 hari dimulai sejak H-10 hingga H+10 atau 22 April s.d 13 Mei 2022.
Jumlah tersebut mencapai 151% kalau dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 171.943 pelanggan. Jumlah itu sebesar 71% jika dibandingkan dengan total pelanggan pada Angkutan Lebaran sebelum pandemi, yaitu 2019, sebanyak 367.281 pelanggan
KAI Daop 5 mengoperasikan total 330 KA Jarak Jauh atau rata-rata 15 KA per hari dengan ketepatan waktu mencapai 100%. Puncak arus mudik terjadi pada H-1 atau Minggu (1/5) sebanyak 20.164 pelanggan. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+3 atau Jumat (6/5) sebanyak 22.531 pelanggan. Rute favorit pelanggan yaitu Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Purwokerto pp, Jakarta - Semarang pp, Jakarta-Bandung pp, Jakarta - Surabaya pp, Bandung - Yogyakarta pp, dan lainnya. Pembelian tiket KA pada periode Angkutan Lebaran ini didominasi melalui aplikasi KAI Access sebesar 49%, kemudian channel eksternal 38%, dan lainnya.
“Banyaknya pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022,” kata Vice President Daerah Operasi 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat, mengutip keterangan Direktur Utama KAI akhir pekan lalu.
Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, KAI Daop 5 tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.
Untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik KA Jarak Jauh, KAI Daop 5 melayani 222 peserta telah mendapat vaksin dan 14.529 peserta melakukan rapid test antigen atau rata-rata 660 pelanggan yang melakukan RT Antigen perharinya. Program vaksinasi tersebut tak hanya diperuntukkan bagi pelanggan namun juga bagi masyarakat luas sebagai wujud bakti KAI kepada Negeri.
Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran ini, seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun kedatangan. Namun demikian, KAI konsisten membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.
Kedepan, KAI akan terus mengembangkan layanan berupa peningkatan kualitas sarana kereta, fasilitas di stasiun, serta pelayanan kepada para pelanggan baik layanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal. Tujuannya agar layanan Kereta Api bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bermobilitas.
“Kami menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik/balik Lebaran tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat. Tak lupa kepada pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA, dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022,”pungkas Daniel.
Editor : EldeJoyosemito