get app
inews
Aa Read Next : UMP Siapkan 5.900 Kursi Mahasiswa Baru, Ini Daftar Program Studi yang Dibuka

Bawa Misi Kebhinekaan, UMP Jalin Kerjasama Pendidikan dan Budaya dengan Pu Hua School

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:07 WIB
header img
Membawa misi Kebhinekaan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjalin kerjasama dengan Pu Hua School meliputi bidang pendidikan dan budaya. (Foto: Arbi Anugrah)

PURWOKERTO, iNews.id - Membawa misi Kebhinekaan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjalin kerjasama dengan Pu Hua School atau Sekolah Putera Harapan merupakan Sekolah Nasional dengan tiga Bahasa, Indonesia, Mandarin dan Inggris. Kerjasama tersebut meliputi bidang pendidikan dan budaya

"Jadi kerjasama ini merupakan kerjasama pendidikan, kerjasama budaya karena kami adalah penyelanggara pendidikan dan pengembang budaya Indonesia. Hal yang menarik adalah kita sama sama mengakui perbedaan dan kita mengakomodir itu. Maka MoU hari ini menjadi momentum kita melanjutkan kerjasama," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP Jebul Suroso kepada wartawan saat mengunjungi Sekolah Putera Harapan Purwokerto, Rabu (18/5/2022). 

MoU yang dilakukan meliputi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Bidang pendidikan, Bidang penelitian, Bidang pengabdian kepada masyarakat. Keberagaman agama, suku dan ras sangat terlihat di sekolah tersebut, bahkan lulusan UMP sendiri beberapa telah mengajar di sekolah tersebut. 

"Apa yang bisa kita lakukan, praktek mahasiswa kami di Ilmu Pendidikan bisa kita lakukan segera di Pu Hua. Kemudian pengenalan budaya, khususnya budaya Tiongkok segera bisa kita lakukan sebagai simbol keberagaman yang kita bisa damai dengan keberagaman itu," ujarnya. 

Lebih lanjut Rektor mengatakan, UMP yang berdiri pada tahun 1965 kini memiliki 49 Program Studi, lebih dari 13 ribu mahasiswa, diantaranya adalah internasional student dari Asia, Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika. 

“Saya sangat berharap, kelebihan yang ada di Pu Hua Purwokerto, nanti juga bisa menular ke kami. Kita saling berkolaborasi dalam Pendidikan. Mahasiswa internasional UMP nanti bisa didatangkan disini,” pungkasnya. 

Sementara menurut Sekertaris Yayasan Putera Harapan Banyumas Kartika Widjaja mengatakan, Pu Hua di mata banyak orang, bukan sekedar institusi pendidikan sekolah belaka. Pu Hua adalah sebuah teladan sekaligus rumah, tempat bertumbuh suburnya toleransi dan keberagaman.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut