get app
inews
Aa Read Next : 5 Artis Tionghoa Pernah Merayakan Imlek, Kini Mantap Jadi Mualaf

Mengenal Danjen Kopassus Pertama Idjon Djanbi, Bule Asal Belanda yang Jadi Mualaf

Jum'at, 20 Mei 2022 | 14:51 WIB
header img
Idjon Djanbi (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan berdirinya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Indonesia hingga menjadi salah satu pasukan elite terbaik di dunia tak lepas dari Rokus Bernardus Visser. Mantan pasukan khusus Belanda yang akhirnya menetap di Indonesia dan memilih memeluk Islam serta mengganti namanya menjadi Mochammad Idjon Djanbi.

Pelopor beridirinya Kopassus berawal dari kisah perjalanan Visser, sapaannya sebelum menjadi orang Indonesia, ia sempat menetap di Belanda untuk membantu ayahnya jadi pedagang bola lampu. Namun, setelah Jerman menguasai Inggris, Visser memilih untuk kembali berdinas sebagai tentara.


Pasukan Kopassus saat melakukan operasi di belantara hutan. (Foto ilustrasi : Ist)

Dengan alasan turun ke medan perang, Visser malah ditugaskan menjadi sopir Ratu Wilhelmina yang saat itu berada di Inggris.

Tidak lama setelah Visser menjadi sopir, dirinya meninggalkan tentara Belanda sebelum akhirnya kembali bergabung beberapa saat kemudian dan menjadi operator radio.

Visser yang bergabung ke Pasukan 2 Belanda akhirnya ikut terjun ke pertempuran di Perang Dunia (PD) II pada Operasi Market Garden, pendaratan sekutu dengan terjun payung di Arnhem pada September 1944.

Visser sempat kembali ke Belanda pada tahun 1947. Pada masa itu, dirinya sempat mengajak istrinya untuk pergi ke Indonesia.

Istrinya menolak permintaan Visser. Nahas, dirinya harus menerima pernyataan cerai dari sang istri karena hal tersebut.

Di Indonesia, sempat terjadi peristiwa pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) dari Kerajaan Belanda. Visser memutuskan pensiun menjadi tentara dan memilih menjadi petani di Lembang, Bandung bersama istri barunya yang merupakan keturunan Sunda.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut