get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Profil Dealton, Atlet Sepeda Asal Banyumas yang Wakili Indonesia di SEA Games 2021

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:24 WIB
header img
Dealton Nur Arief Prayoga, kontingen Indonesia asal Banyumas kini tengah menyemarakkan acara SEA Games 2021 di Vietnam. (Foto: Instagram)

PURWOKERTO, iNews.id - Kontingen Indonesia kini tengah menyemarakkan acara SEA Games 2021 di Vietnam. Di antara berbagai macam cabang olahraga yang diperlombakan, salah satunya terdapat balap sepeda ITT (Individual Time Trial).

Menariknya, salah satu peserta yang mewakili Indonesia di ajang tersebut berasal dari Kabupaten Banyumas, tepatnya dari Desa Ledug, Kecamatan Kembaran. Ia adalah Dealton Nur Arief Prayoga, pria kelahiran 27 November 1993 merupakan anak pertama dari pasangan Nurotul Khamimah (48) dan Suariefin (51).


Ibunda Dealton Nur Arief Prayoga, kontingen Indonesia asal Banyumas kini tengah menyemarakkan acara SEA Games 2021 di Vietnam. (Foto: Agustinus Yoga Primantoro)

Dalam ajang perlombaan SEA Games kali ini, Dealton belum berhasil menyabet mendali untuk tanah air. Kendati demikian, Nurotul Khamimah (48), Ibu Dealton tidak mempermasalahkan hal itu. Menurutnya, di mana pun anaknya berada yang terpenting putranya tersebut sehat dan selamat. 

Dia mengatakan, sejak duduk di bangku SMA 1 Krembun, Sidoarjo, Jawa Timur, Dealton sudah mulai terjun di ajang lomba profesional. Kala itu, Dealton tinggal di Sidoarjo bersama pamannya. Dealton sendiri berdasarkan penuturan Nur, menghirup udara di Banyumas hanya sampai di bangku kelas 4 SD (SD Negeri 1 Kranji Purwokerto), selepas itu ia pindah ke Trenggalek, Jawa Timur, kemudian berpindah lagi ke Sidoarjo, Jawa Timur. 

Menurut Nur, sebenarnya, sejak masih kecil, bakat keatletan Dealton sudah mulai tampak.

"Sejak kecil (kelas 4 SD) sudah seneng olahraga, lari, balap lari pasti juara," ujarnya pada iNewsPurwokerto.id pada Sabtu (21/05/2022).

Tidak hanya itu, Dealton sempat berhasil membanggakan Banyumas dalam ajang Porprov Jawa Tengah 2018. Ia juga cukup aktif dalam berbagai ajang perlombaan balap sepeda ITT, bahkan di kancah Internasional, salah satunya, yakni UCI Road World Championship 2018. 

"Waktu ke Austria itu di 2018 akhir, tapi dia belum di pelatnas, itu yang biayai KGB (Klub Olahraga)," jelas Nur.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut