get app
inews
Aa Read Next : Hari Jadi Kebumen Diperingati di Pantai Logending, Ini Capaian Pemerintah

Festival Logending Pantai Ayah Dibuka, Bupati : Jadi Ikonik Penggerak Wisata Kebumen 

Senin, 23 Mei 2022 | 11:22 WIB
header img
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat memberikan sambutan dalam pembukaan Festival Logending di Pantai Logending, kemarin. (Foto : Dok. Pemkab Kebumen)

KEBUMEN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Kebumen menggelar Festival Logending di obyek wisata Pantai Logending Kecamatan Ayah, Minggu (22/5/2022). 

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyebut, digelarnya festival Logending uintuk menciptakan daya tarik obyek wisata Pantai Logending, atau yang biasa juga disebut Pantai Ayah. 

"Dengan adanya event kali ini diharapkan akan semakin mengenalkan keberadaan Logending dengan segala potensinya ke masyarakat luas," kata Arif usai seremoni pembukaan festival. 

Pantai Logending sendiri merupakan pantai ikonik Kebumen yang diharapkan mampu menjadi pintu gerbang penggerak perekonomian dan pariwisata di Kabupaten Kebumen. 

Namun, di sisi lain, Arif mengakui, di era kepemimpinannya saat ini pengembangan pariwisata tidak dilakukan secara merata. Namun, difokuskan ke salah satu titik pariwisata yang dijadikan ikon. 

"Di era kepemimpinan kami, bantuan untuk pariwisata ini tidak merata. Namun memfokuskan satu titik pengembangan wisata agar lebih maksimal dan bisa menjadi ikonnya kebumen," katanya.

Khusus Pantai Ayah sendiri dulunya, kata Arif, pernah menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Kebumen. Hanya saja, eksistensi pantai ini kian meredup. Sehingga festival semacam ini diharapkan bisa mendongkrak kembali eksistensinya. 

"Sekarang sudah bisa kita lihat ada lomba kano, kemudian ini ada perahu-perahu masyarakat bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai Logending dan ada hutan mangrove yang lestari karena  masyarakat jaga bertahun-tahun," jelasnya.  

"Intinya apa? melestarikan lingkungannya, dapatkan keuntungannya, keuntungan alam keuntungan oksigen juga keuntungan memperoleh pendapatan untuk peningkatan ekonomi," lanjut Arif. 

Kepala Disparbud Kabupaten Kebumen, Muhammad Arifin mengatakan Festival Logending merupakan salah satu event yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan guna mendukung program Kebumen Semarak dan Kebumen Manglingi. 

Menurutnya event ini digelar dalam rangka mempromosikan pariwisata yang ada di kebumen guna meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Event ini digelar selama 2 hari dari 21 hingga 22 Mei 2022, berbagai rangkaian kegiatan yang kami tampilkan diantaranya festival musik pelajar dan umum lomba dayung untuk pelajar dan umum serta penanaman mangrove di pesisir Pantai Logending," ujarnya.  

Festival Logending ini merupakan sinergitas Pemkab Kebumen dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, kegiatan ini menghadirkan festival musik dan lomba dayung kano tingkat pelajar dan umum.

Editor : Arif Syaefudin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut