get app
inews
Aa Read Next : Musik Batu sebagai Simbol Budaya saat Gelaran Baturrajazz 2023

Jelang Acara Peken Banyumasan Kelima, Rianto Akan Tampilkan Tokoh Kesatria Singadipa

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:33 WIB
header img
Jelang acara Peken Banyumasan yang kelima, Rianto, seniman Lengger Banyumas akan menampilkan tarian Kesatria Singadipa. (Foto: Agustinus Yoga Primantoro)

BANYUMAS, iNews.id - Jelang acara Peken Banyumasan yang kelima, Rianto, seniman Lengger Banyumas, bersama kelompok tarinya akan menampilkan sebuah pertunjukan di kompleks Kecamatan Kota Lama Banyumas. 

Rianto sendiri mengaku bahwa mendapat mandat untuk menampilkan sebuah pertunjukkan langsung dari Bupati Banyumas, Achmad Husein. Pertunjukan tersebut akan digelar pada tanggal 1 Juni 2022 di Amphiteater Tamansari. 

Kelompok tari tersebut terdiri dari 20 penari yang berasal dari daerah Banyumas dan sekitarnya. Sedangkan, kelompok musiknya merupakan bagian dari Rumah Lengger.

Pada kesempatan tersebut, Rianto dan kawan-kawan hendak mempersembahkan tarian Kesatria Singadipa. Berdasarkan pantauan tim iNewsPurwokerto.id, latihan perdana di Rumah Lengger tersebut dipimpin langsung oleh Rianto.

"Kita akan membawakan sebuah karya dengan mengangkat tokoh Kesatria Singadipa. Kesatria Singadipa ini merupakan seorang tokoh perjuangan masyarakat Banyumas. Ia adalah kesatria Banyumas di zaman perang Jawa Diponegoro. Ia merupakan panglima di bagian Barat, wilayah Banyumas-Gombong," terangnya dalam briefing sebelum latihan, Rabu (25/5/2022).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut