get app
inews
Aa Read Next : Reuni Akbar UIN SAIZU Hadirkan Padi Reborn dan Job Fair

Tugu Pembangunan di Purwokerto Hadiah dari Rusia, Diresmikan di Hari Lahirnya Pancasila

Senin, 30 Mei 2022 | 18:51 WIB
header img
Tugu tersebut selesai digarap dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1961, bertepatan dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila. (Foto : Instagram/ @sscpurwokerto)

PURWOKERTO, iNews.id - Setiap kota atau Kabupaten memiliki bangunan ikon berupa monumen bersejarah yang kemudian dikenal menjadi ciri khas kota atau kabupaten tersebut. Seperti, Yogyakarta dengan Tugu Pal Putihnya, Semarang dengan Tugu Mudanya, Ambarawa dengan Monumen Palagan Ambarawanya, dan lain sebagainya, tak terkecuali Purwokerto. 

Seperti telah dirangkum oleh iNewsPurwokerto.id pada Senin (30/5/2022), berikut ini pembahasan mengenai salah satu monumen bersejarah yang ada di Purwokerto.

Monumen itu adalah Tugu Pembangunan yang letaknya berada di tengah persimpangan antara Jalan Merdeka dan Jalan Gatot Subroto. Bangunan yang berada di Kawasan Purwokerto Timur itu dikenal oleh masyarakat sebagai Tugu Pancasila, karena terdapat lambang lima sila dari Pancasila pada tugu tersebut. Ada pula yang menyebutnya sebagai Tugu Merdeka, karena letaknya berada di ujung Jalan Merdeka.

Keberadaan Tugu Pembangunan tersebut ternyata dikelilingi oleh sejumlah bangunan bersejarah, di antarnya SMA N 1 Purwokerto (yang dulunya merupakan Kantor Karesidenan 1921), Rumah Dinas Karesidenan (residentwooning) yang berdiri sejak tahun 1939, Gedung Bank Indonesia Perwakilan Purwokerto, dan Gereja Kristen Indonesia Gatot Subroto Purwokerto yang merupakan penginggalan Belanda.

Tugu bersejarah tersebut dulunya dibangun pada masa kepemimpinan Ir. Soekarno atau Era Demokrasi Terpimpin (1959-1966). Sebenarnya, jika merujuk pada catatan prasasti yang ada di tugu tersebut, nama bangunan itu adalah Tugu Pembangunan “Ajunan Tjangkul Pertama” yang mulai dibangun pada 1 Januari 1961.

Secara istimewa, peletakan batu pertama pembangunan tugu tersebut dilakukan oleh Bung Karno sendiri yang pada saat itu tengah berkunjung ke Purwokerto.

Dibangunnya tugu tersebut menandakan dimulainya Program Pembangunan Semesta Berencana yang merupakan program pembangunan nasional Era Bung Karno kala itu. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut