get app
inews
Aa Read Next : 5 Badan Intelijen Paling Disegani, Nomor 3 dan 4 Saling Adu Jeli   

5 Aksi Badan Intelijen Paling Mengerikan dan Berpengaruh di Dunia

Rabu, 01 Juni 2022 | 21:20 WIB
header img
5 Aksi Badan Intelijen Paling Mengerikan dan Berpengaruh di Dunia. (Foto: Ist)

5 BADAN intelijen dari 5 negara ini telah menancapkan nama besarnya di jagat spionase. Sejumlah operasi intelijen yang melegenda berhasil melambungkan nama mereka. 

Siapa saja badan-badan intelijen terkemuka tersebut? Simak berikut ini: 

1. CIA (Amerika Serikat) 

Central Intelligence Agency (CIA) adalah salah satu atau bahkan agen rahasia yang terbaik di dunia. Didukung dengan kecanggihan teknologi, dukungan politik dan manajemen agen yang di atas rata-rata membuat CIA benar-benar super power. 

CIA memiliki markas besar di Virginia, sebelah barat Washington DC. Jumlah karyawan sebenarnya dirahasiakan, diduga sekitar 20.000 agen tersebar di seluruh dunia. CIA memiliki bagian khusus bernama Office of Public Affairs. Bagian ini sering ditugaskan untuk membuat propaganda tentang isu-isu strategis.

2. FSB (Rusia) 

FSB adalah agen intelijen dan pengamanan di Federasi Rusia dan merupakan penerus dari agen intelijen KGB milik Uni Soviet dulu. 

Badan intelijen ini dibentuk pada 1995 dan fungsinya adalah mencari informasi, melawan terorisme, serta memperkuat pertahanan dan keamanan negara. Badan intelijen ini setidaknya memiliki 250 ribu personel termasuk agen yang melakukan penyamaran, pegawai rahasia, dan mata-mata luar negeri.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut