get app
inews
Aa Read Next : Basis Targetkan Kemenangan Spektakuler di Banyumas 

Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu, Ini Pilihan Destinasi Wisata Lain di Baturraden

Senin, 06 Juni 2022 | 13:02 WIB
header img
Selain Candi Borobudur, masih banyak destinasi wisata lain di Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya Baturraden (Foto:Ist)

PURWOKERTO, iNews.id - Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler yang ada di Jawa Tengah. Dengan bentuk bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi, tak heran jika Candi Borobudur diminati wisatawan lokal dan mancanegara.

Namun demikian, baru-baru ini Candi Borobudur membuat heboh publik karena harga tiket naik ke Candi yang melonjak drastis sekitar yakni Rp750 ribu per orang untuk turis domestik dan dan turis mancanegara 100 dolar AS (sekitar Rp1,4 juta). Sedangkan harga tiket masuk kawasan candi tetap di harga Rp50.000 per orang bagi wisatawan nusantara. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, kenaikan harga pada Candi Borobudur ini dilakukan untuk membatasi kuota kunjungan sebanyak 1.200 orang per hari. Selain itu juga untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Keputusan tersebut tentu saja sangat disayangkan oleh masyarakat yang memang memilih untuk berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah, demi melihat keindahan candi peninggalan Kerajaan Mataram itu.

Namun tidak perlu khawatir, selain Candi Borobudur, masih banyak destinasi wisata lain di Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihan dan yang pastinya dengan harga yang terjangkau. Berikut destinasi wisata di Baturraden, Kabupaten Banyumas seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/6/2022).

Tepat berada di kaki Gunung Slamet, suasana sejuk dan asri pepohonan pinus dan pohon damar akan menambah betah suasana dan menenangkan jiwa. Kira-kira tempat apa saja yang terdapat di Baturraden?

1. Lokawisata Baturraden


Kawasan wisata Baturraden (Foto: Elde Joyosemito)

Lokawisata yang satu ini paling wajib dikujungi saat liburan atau saat hari-hari biasa bersama keluarga, karena di dalam lokawisata Baturraden yang berada di Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas ini terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dengan dipadukan suasana alam sekitar yang sejuk, destinasi wisata yang satu ini paling populer dikunjungi saat hari libur maupun hari biasa.

2. Kebun Raya Baturraden


Kebun Raya Baturraden ( Foto : Instagram/@panoramapurwokerto).

Kebun Raya Baturraden berada di jalan yang akan menuju objek wisata Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu Batturaden. Di area Kebun Raya Baturraden ini pengunjung dapat menikmati nuansa alam sekitar, dengan rimbunnya pepohonan serta pemandangan yang sangat indah dan rapi menjadikan lokasi tersebut sangat cocok sebagai latar berswafoto bersama keluarga.

Terdapat berbagai macam tanaman di Kebun Raya Baturraden yang dijaga kelestariannya, diantaramya terdapat tanaman seperti perdu, tanaman merambat, anggrek hutan, dan liliana serta berbagai tanaman herbal. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat belajar, penelitian akan jenis jenis tanaman serta piknik keluarga.

3. Hutan Pinus Limpakuwus


Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: Elde Joyosemito)

Lereng selatan Gunung Slamet yang berada di Baturraden menyimpan beragam keindahan alam. Mulai dari hutan, air terjun, sungai dan lainnya. Semuanya menyajikan sensasi tersendiri. Tetapi semuanya berujung pada daya tarik alamnya. Seperti hutan pinus Limpakuwus yang terletak di Desa Limpakuwus berbatasan persis dengan wisata Telaga Sunyi.

Hutan pinus Limpakuwus berada diketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian itu, maka kesejukan sudah terasa. Bahkan, kalau pagi dan sore menjelang senja, kabut juga turun menambah sahdu suasana. Meski di awal musim kemarau, tetapi masih ada hujan meski tidak terlalu deras, menambah kesejukan yang semakin terasakan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut