get app
inews
Aa Read Next : 11 Mahasiswa Unsoed Belajar Satu Semester di LN, Ada yang di Spanyol, Irlandia hingga Rusia 

Kisah Penjual Rangin Berusia 72 Tahun di Jl Kampus, Pernah Merantau Sampai Ke Maluku

Jum'at, 10 Juni 2022 | 09:15 WIB
header img
Kakek penjual rangin di Jl Kampus, Grendeng, Purwokerto

Selang kepulangannya dari tanah perantauan di tahun 2000 itu, tepatnya 6 tahun kemudian, Sarwono mulai berusaha dengan berjulan rangin dengan memanfaatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang kala itu ia terima.


Penjual rangin di depan Kelurahan Grendeng, Purwokerto Utara

“Anu niki olih bantuan saking pemerintah pas jaman SBY, BLT. Kulo olih 600 terus dodolan niki (Dapat bantuan sewaktu pemerintahan SBY, BLT. Saya dapat Rp 600 ribu, kemudian uang itu saya gunakan untuk modal berjualan rangin ini),” ujar pria yang tinggal di daerah Grendeng, Purwokerto Utara.

Sarwono biasa mulai berjualan di lapaknya yang terletak di tepi jalan depan Kelurahan Grendeng, Purwokerto Utara dari pukul 06.00 sampai pukul 09.00 WIB. Setiap harinya Sarwono biasa menghabiskan adonan sebanyak 3 kg. Sebelum berangkat menuju tempatnya berjualan, dari rumah dirinya telah membuat sejumlah rangin terlebih dahulu untuk dijajakan karena proses pembuatannya selama kurang lebih setengah jam. Meski demikian, pendapatan yang ia peroleh perharinya hanya mampu untuk kebutuhan makan sehari-sehari. 

“Biasane sing tumbas niku tiyang olahraga, kalih tiyang-tiyang sing liwat mriki, kadang mahasiswa, bocah-bocah sekolahan malah boten. Ya kena nggo nempur lah. Kena nggo tuku beras. Seket lah kira-kira (Biasanya yang beli itu orang yang olahraga kebetulan lewat, sama orang-orang yang lewat sini, kadang mahasiswa, anak-anak sekolah malah tidak pernah beli. Bisa untuk bertempur lah. Cuma bisa untuk beli beras, kira-kira Rp 50 ribu),” terangnya sembari melemparkan tawa.

Satu hal yang bisa dipelajari dari Sarwono, yaitu kegigihannya dalam mencari sesuap nasi. Kendati telah menginjak usia senja, Sarwono masih berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Di balik fisiknya yang segar, serta wajahnya yang bersahaja, tersirat untaian doa untuknya agar menyalakan dapur rumah tangganya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut