get app
inews
Aa
Read Next : 264 Pelajar Purbalingga Bersaing Ketat Ikuti Seleksi Paskibraka 2024

Kisah Penderes Gula Kelapa 3 Kali Gagal Berangkat Haji, Padahal Hasil Menabung 22 Tahun

Minggu, 12 Juni 2022 | 15:10 WIB
header img
Ahmad Mahmudi (73), warga Desa Langkap, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga pasrah dan ikhlas kembali gagal berangkat haji tahun ini. (Catur Edi Purwanto)

PURBALINGGA, iNews.id - Pembatasan usia maksimal 65 tahun bagi calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci menjadi kisah sedih tersendiri. Seperti kisah kakek Ahmad Mahmudi (73), yang hanya bisa pasrah karena gagal berangkat haji untuk ketiga kalinya.

Warga Desa Langkap, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah ini merupakan seorang penderes gula kelapa. Selama 22 tahun ia menabung dari uang hasil penjualan gula kelapa yang disisihkan dengan sabar agar dapat berangkat ke tanah suci.

Namun kini harapannya kembali pupus, Kakek Mahmudi kembali gagal berangkat ke Tanah Suci karena aturan pembatasan usia itu. Meski demikian, perjuangan Ahmad Mahmudi mewujudkan impiannya menjadi tamu Allah di Tanah Suci patut diteladani.

Dengan raut wajah sedih saat ditemui di rumahnya, Ia menunjukkan perlengkapan menunaikan ibadah haji yang sudah lama dipersiapkan. Mulai dari kain ihram, jubah calon haji, hingga perlengkapan lainnya.

Hampir setiap hari, kakek Mahmudi selalu melihat lihat semua perlengkapan calon haji dan selalu berdoa agar dirinya bisa segera mewujudkan keinginannya menunaikan haji ke Tanah Suci. 

Kakek Mahmudi rencananya pergi ke Tanah Suci bersama sang istri. Namun istrinya telah dipanggil yang maha kuasa, sebelum keinginan naik haji bersama itu terwujud.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut