Sandiaga Uno Kunjungi Wisata Desa Cikakak Banyumas, Janji Kembangkan Ekonomi Kreatif Warga

Aryo Rizqi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Desa Cikakak.( Foto: Aryo Rizqi)

BANYUMAS,iNews.id-  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas.

Desa Cikakak adalah salah satu desa yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari 1.831 desa wisata yang mendaftar di seluruh Indonesia.

Sejumlah kegiatan dilakukan Sandiaga di desa tersebut. Seperti tradisi memberikan makan kera ekor panjang (macaca fascicularis) yang ada di komplek Masjid Saka Tunggal yang disambut antusias warga.

Selain itu Sandiaga juga mengunjungi Masjid Saka Tunggal yang ternyata adalah masjid pertama di tanah Jawa yang didirikan.  1288.

"Ini berarti lebih tua dari Masjid Demak. Berarti ini juga sebagai destinasi wisata religi, saya izin pak Bupati, akan saya kembangkan kedepan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Sandiaga juga berjanji melakukan pengembangan ekonomi kreatif desa wisata melalui pendampingan secara berkelanjutan. Termasuk dibidang produk kreatif serta kuliner, dengan harapan produk dari Desa Cikakak bisa menembus pasar internasional.

"Mengenai batik, saya titip sekali, karena motif batik ngapak Cikakak ini mudah mudahan bisa menjadi batik yang jauh lebih dikenal dan menjadi sovenir untuk membuka lapangan usaha dan lapangan kerja untuk ibu ibu dari PKK. Jadi kami harapkan dari yang sudah dikirimkan ini akan bertingkat dan berkelanjutan dan pada satu saat nanti di Jakarta di New York atau di Hongkong kita semua pakai batik dari Cikakak," jelasnya.

Sandiaga juga merasa surprise atas sambutan warga setempat. "Antusiasme ini karena sudah satu tahun lebih, warga tidak merasakan kunjungan wisatawan dan kami sangat prihatin, dan betul kata pak bupati bahwa kita harus hadir dan memberikan solusi," kata Sandiaga kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Dia mengatakan jika Kehadirannya ke Desa Cikaka  merupakan kunjungan pertama dari Pemerintah Pusat. Dia juga memberikan apresiasi kepada Bupati Banyumas Achmad Husein atas kepemimpinannya dalam mengendalikan Covid-19.

"Kita harapkan dengan Covid-19 yang semakin terkendali, wisatawan Nusantara malah mungkin wisatawan mancanegara bisa datang ke desa wisata Cikakak," ujarnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke Desa Cikakak. 

Bahkan, ketika Husein memberikan pakaian serba hitam hitam khas Banyumas, dan digunakan oleh Sandiaga Uno, Husein mengatakan jika semangat Sandiaga seperti semangat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Terimakasih atas meriahnya dan semangatnya menyambut mas Menteri. Ini luar biasa ini, gayanya nyaingin pak Ganjar ini, pak Ganjar juga kayak gini, style sama ini, jadi selamat, mudah mudahan sukses," kata Husein.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network