YOGYAKARTA, iNews.id - Shopee mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.
Shopee memberikan mentoring kepada peserta AKI 2022 yang mencakup pelatihan dasar seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee.
Peserta AKI 2022 juga menerima pelatihan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran merchant yang akan digunakan di pameran AKI di berbagai kota di Indonesia, termasuk Yogyakarta.
Selain itu, Shopee juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 20 peserta sebelum produk mereka tampil di pameran produk AKI 2022 masing-masing kota. Peserta AKI 2022 dari Yogyakarta merupakan hasil kurasi dari 6.351 UMKM pendaftar.
AKI 2022 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf RI yang menyasar 16 kabupaten/kota di Indonesia.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan, “30 juta UMKM pemerintah targetkan sudah memasuki pasar digital atau e-commerce hingga tahun 2023. AKI kami hadirkan sebagai program untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas digital di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia.," katanya seperti rilis yang diterima iNews Purwokerto.
Kami mengapresiasi inisiatif Shopee yang telah berkolaborasi bersama kami untuk mendukung tercapainya tujuan ini, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM lokal agar mempercepat UMKM lokal memasuki platform digital. Kami berharap, diselenggarakannya kembali program AKI ini bisa turut mendukung UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas dan berdaya saing, khususnya di era transformasi digital saat ini.”
Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menjelaskan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM.
“Shopee ingin menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi mereka. Potensi besar dari pelaku UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Yogyakarta dan sekitarnya. Kerja sama kami dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka dapat lebih memahami dan merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis secara optimal.”
Editor : EldeJoyosemito
Artikel Terkait