Mualaf Inggris di Inggris yang Pertama Bergelar Profesor Hukum William Henry Quilliam, Ini Sosoknya

Vitrianda Hilba Siregar
Mualaf di Inggris yang pertama kali adalah seorang profesor bidang hukum bernama William Henry Quilliam. Quilliam mengislamkan 200 penduduk lokal dan 600 orang diseluruh Inggris. (Foto: BBC)

MUALAF di Inggris yang pertama kali adalah seorang profesor bidang hukum bernama William Henry Quilliam.Inggris adalah negara dengan mayoritas warganya menganut agama non-Muslim.

Sehingga dengan keputusan dan ketetapan hati William menjadi mualaf terbilang sangat berani. 

Dia bukan hanya memeluk agama Islam dan meninggalkan agama lamanya, William juga  membuka Institut Muslim Liverpool pada 1889.


Mualaf Inggris pertama adalah William Henry Quilliam mempunyai latar pendidikan yang bergengsi. Dia bergelar profesor di bidang hukum. (Foto: BBC)

Lantas bagaimana kisahnya sehingga  William Henry Quilliam mendapat hidayah dan menjadi seorang Muslim?

William Henry Quilliam setelah masuk Islam berganti nama menjadi Abdullah mendirikan sebuah mendirikan institut. Menariknya setelah menjadi mualaf Inggris ini  gedung institut diubahnya menjadi masjid dan mampu menampung sekitar 20.000 jamaah setelah pemugaran.  Kini masjid tersebut menjadi salah satu destinasi wisata umat Islam dunia.

Kisah mualaf Quilliam diawali pertama ketika berkunjung ke Maroko dan melihat sekelompok muslim yang baru saja pulang dari Makkah untuk berhaji. Dia tertarik dan mulai mempelajari Islam.

"Seorang kolega muslim kemudian menerangkan bahwa Islam adalah kelanjutan agama sebelumnya, Yudaisme, Kristiani. Semua penjelasan dianggap logis dan ia menjadi seorang muslim saat itu," kata Jahangir Mohammed anggota Masyarakat Abdullah Quilliam.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network