Selain Dieng, 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Banjarnegara

Tim iNews
Tampomas, salah satu objek wisata banjarnegara. (Foto: visit.banjarnegarakab.go.id)

BANJARNEGARA, iNews.id - Ada 5 tempat wisata di Banjarnegara ini wajib dikunjungi saat liburan. Tak hanya objek Wisata Dieng saja yang terkenal akan keindahan panoramanya. Banjarnegara juga memiliki banyak destinasi wisata yang mungkin belum Anda ketahui.

Bagi wisatawan yang suka eksplorasi tempat wisata alam, beberapa tempat yang dirangkum ini cocok untuk Anda kunjungi!

Berikut 5 tempat wisata di Banjarnegara Jawa Tengah yang bisa menjadi rekomendasi saat liburan. Dirangkum pada Jumat (8/10/2020).

1. Tampomas

Objek wisata satu ini merupakan bekas lahan tambang batu yang disulap menjadi destinasi wisata. Dulunya wilayah tempat wisata ini merupakan gunung batu yang diruntuhkan menggunakan peledak untuk membangun Bendungan Panglima Besar Soedirman. Proses penambangan tersebut meninggalkan ceruk danau yang malah menjadi daya tarik para wisatawan.

Di sini Anda bisa berkeliling danau menggunakan kapal atau hanya sekadar bercengkrama di saung sembari menikmati pemandangan alam. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen dengan berfoto latar belakang dinding batu yang tak kalah keren. Lokasi objek wisata Tampomas terletak di Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara. Anda cukup membayar Rp5.000 untuk tiket masuk.

2. Watu Desel

Objek Wisata Watu Desel terletak di Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara. Destinasi wisata ini menyajikan pemandangan sekumpulan batuan unik di atas bukit. Bebatuan tersebut tertata rapi di satu tempat, meskipun begitu ini bukan buatan manusia. Memang terbentuk karena proses alam. Wisatawan biasanya menjadikan batuan ini sebagai tempat untuk berfoto.

3. Bukit Asmara Situk

Objek wisata Bukit Asmara Situk sangat direkomendasikan jika Anda ingin istirahat sejenak dari kepenatan hiruk pikuk perkotaan. Terletak di Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara. Melalui spot destinasi wisata ini Anda akan melihat pemandangan sungai serayu dari atas. Udara sejuk dan pemandangan yang hijau pastinya akan membuat Anda lebih fresh. Selain itu, di sini juga banyak spot yang dapat digunakan untuk berfoto dan biaya masuknya pun cukup membayar tiket seharga Rp5.000

4. Arung Jeram Sungai Serayu

Tempat wisata di Banjarnegara Jawa Tengah ini cocok bagi Anda yang suka menguji adrenalin. Anda dapat mengunjungi The Pikas Banjarnegara untuk melakukan arung jeram. Berbagai pilihan paket tersedia di sini tergantung panjang jarak yang ditempuh. Bagi Anda yang pemula atau sedang berlibur dengan keluarga, bisa memilih paket rute pendek dengan jarak tempuh 7 km dan memakan waktu 1,5 jam. Anda tak perlu khawatir akan keamanannya, terdapat peralatan pengamanan dan juga instruktur yang sudah berpengalaman. Biaya untuk arung jeram ini mulai dari Rp185.000 hingga Rp375.000 per orang. Wah, sepertinya ini bisa menjadi rekomendasi mengisi liburan dengan sensasi yang berbeda, bagaimana Anda tertarik mencoba?

5. Wisata Curug

Wisata curug menjadi tempat wisata di Banjarnegara Jawa Tengah yang tak boleh dilewatkan. Banyak curug di Banjarnegara yang bahkan masih belum diketahui wisatawan. Padahal di sini banyak menyimpan keindahan alam bagai surga dunia. Bagi Anda yang suka berpetualang dan menjelajah pasti cocok dengan wisata curug ini. Nah berikut daftar curug yang bisa anda kunjungi beserta alamatnya: - Curug Pitu (Desa kemiri, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara) - Curug Air Hangat Giritirta (Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran Banjarnegara) - Curug Sikopel (Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara) - Curug Sinoman (Majatengah, Kecamatan kalibening, Banjarnegara) - Curug Pundung Sewu (Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara) - Curug Panaraban (Desa Sarwodadi, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara) Itulah 5 tempat wisata di Banjarnegara Jawa Tengah yang bisa dikunjungi saat liburan. Ayo atur jadwal liburanmu sekarang!

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network