12 Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor 4 Jika Meletus Dapat Membelah Pulau Jawa

Puti Aini Yasmin
Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi di Indonesia selalu menjadi daya tarik para pendaki yang gemar akan tantangan di alam bebas. (Foto: Okezone)

8. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, Maluku dan memiliki ketinggian 3.027 meter dari permukaan laut. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Manusela dan memiliki rute terpanjang di Indonesia.

9. Gunung Merapi

Gunung Merapi di perbatasan DIY-Jawa Tengah memiliki ketinggian 2.986 m dpl. Gunung Merapi terletak di perbatasan empat kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Propinsi DIY dan Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten di Propinsi Jawa Tengah. 

Gunung Merapi ini masuk dalam jajaran gunung api paling aktif di dunia. Letusan dahsyat Gunung Merapi terjadi pada 5 November 2010 lalu.

Berdasarkan data Pusdalops BNPB per tanggal 27 November 2010, bencana erupsi Gunung Merapi ini telah mengakibatkan 277 orang meninggal di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan 109 orang meninggal di wilayah Jawa Tengah.

Puluhan ribu orang mengungsi dan ribuan ternak mati. Bencana tersebut mengakibatkan kerusakan dan kerugian besar di wilayah Magelang, Boyolali, Klaten dan Sleman.

10. Gunung Raung

Gunung Raung di Bondowoso dan Banyuwangi, jawa Timur masuk dalam deretan gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Raung berketinggian 3.332m dpl.

Gunung Raung adalah sebuah gunung api yang besar dan unik, yang berbeda dari ciri gunung api pada umumnya di pulau Jawa. Keunikan dari puncak Gunung Raung adalah kalderanya yang dalamnya sekitar 500 meter selalu berasap dan sering menyemburkan api. 

Gunung Raung termasuk gunungapi tua dengan kaldera di puncaknya dan dikelilingi oleh banyak puncak kecil, menjadikan pemandangannya benar-benar menakjubkan.

11. Gunung Agung Bali

Gunung tertinggi di Indonesia lainnya yakni Gunung Agung Bali. Gunung ini berketinggian 3.014 m di atas muka laut setelah letusan 1963.

Puncak Gunung Agung dapat ditempuh dari tiga jurusan yakni, dari Pasar Agung (selatan puncak), Budakeling lewat Nangka (tenggara puncak), dan ketiga dari Besakih (baratdaya puncak).

Obyek wisata yang terdapat di sekitar Gunungapi Agung adalah Pura Besakih di Desa Besakih sebelah barat daya puncak Gunungapi Agung. Sedangkan di bagian lereng bawahnya terdapat Sungai Telaga Waja yang dimanfaatkan sebagai kegiatan wisata olah raga dayung (rafting). Disamping itu industri parawisata tumbuh dan berkembang di sepanjang pesisir pantai utara, termasuk daerah lereng utara Gunungapi Agung.

12. Gunung Bukit Raya

Gunung tertinggi di Indonesia terakhir adalah Bukit Raya. Gunung yang terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah ini memiliki ketinggian 2.278 meter di atas permukaan laut dan menjadi gunung tertinggi di pulau Kalimantan.

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network