12 Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor 4 Jika Meletus Dapat Membelah Pulau Jawa

Puti Aini Yasmin
Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi di Indonesia selalu menjadi daya tarik para pendaki yang gemar akan tantangan di alam bebas. (Foto: Okezone)

3. Gunung Semeru

Jika bertanya gunung tertinggi di pulau Jawa apa? Maka jawabannya adalah Semeru. Gunung tertinggi di Indonesia nomor empat ini terletak di Jawa Timur dan memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

4. Gunung Slamet


Gunung Slamet. Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id
 
Gunung Slamet yang dikelilingi 5 kabupaten di jawa Tengah yakni Kabupaten Tegal, Banyumas, Purbalingga, Brebes dan Pemalang ini memiliki ketinggian 3432 m dml. Untuk mencapai kawah Gunung Slamet, pendakiannya dilakukan dari arah timur, yakni dari Bambangan.

Gunung Slamet pernah mengalami erupsi hingga berstatus siaga pada tahun 2014 silam. Sifat letusan Gunung Slamet memiliki tipe strombolian dengan letupan ke atas dan akan kembali lagi ke bawah.

Gunung Slamet juga memiliki cerita legenda secara turun temurun. Nama slamet diambil dari bahasa Jawa yang artinya selamat. Nama ini diberikan karena dipercaya gunung ini tidak pernah meletus besar dan memberi rasa aman bagi warga sekitar. 

Menurut kepercayaan warga sekitar, bila Gunung Slamet sampai meletus besar maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Walaupun demikian gunung slamet pernah beberapa kali aktif dan membuat fenomena menarik.

5. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi di indonesia ke 2 adalah Kerinci dengan ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut. Gunung ini terletak di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, tepatnya di Bukit Barisan dan sekitar 130 km dari sebelah Selatan kota Padang.

Kerinci termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia karena masih berstatus aktif hingga saat ini. Dikutip dari buku 'The Seven Summits of Indonesia; karya Hendri Agustin, letusan terakhir yang cukup besar terjadi di 2007 dan 2009.

6. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Gunung dengan puncak Rantemario memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut dan tidak termasuk gunung berapi.

7. Gunung Arjuno-Welirang

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya ada Gunung Arjuno dan Welirang, Jawa Timur. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 m dpl sedangkan Gunung Welirang 3.156 mdpl.

Cara pencapaian : Pendakian ke puncak G. Arjuno-Welirang dapat dilakukan dari 2 arah yaitu : Puncak komplek G. Arjuno-Wellirang = Dari arah timur laut melalui Desa Pecalukan-Tretes pada ketinggian 800m dpl, dapat dilakukan dengan kendaraan roda empat.

Puncak komplek G. Arjuno-Welirang = Dari arah barat laut melallui desa Trawas-kampun Jurang Kwali, melalui jalan setapak yang curam.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network