Bupati Kebumen Minta Masyarakat dan Petugas Beri Data yang Jujur untuk Regsosek

Elde Joyosemito
Bupati berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini harus memiliki semangat yang tinggi dan punya komitmen untuk menyukseskan Regsosek 2022. (Foto: Dok Pemkab Kebumen)

Oleh karena itu, Bupati berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini harus memiliki semangat yang tinggi dan punya komitmen untuk menyukseskan Regsosek 2022. "Jawaban jujur masyarakat akan sangat berarti untuk mengambarkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Kebumen," jelasnya.

"Apakah nantinya Kebumen ini masih bisa dikatakan kabupaten termiskin, atau malah sudah ada kemajuan dan perbaikan taraf hidup masyarakatnya, jadi pendataan yang jujur sangat penting untuk pembangunan Kebumen ke depan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kus Haryono mengatakan, Regsosek di Kebumen dimulai 15 Oktober sampai 14 November 2022. Kegiatan ini merupakan pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

"Regsosek menyasar seluruh penduduk atau 100 persen penduduk di 460 desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Kebumen. Jadi mau yang kaya dan yang miskin semua akan didata oleh petugas di lapangan," ucapnya.

Kus mengungkapkan, Regsosek di Kebumen menyasar 394.542 Keluarga yang tersebar di 8.378 Rukun Tetangga (RT) di 460 desa atau kelurahan. Sedangkan, petugas yang diterjunkan sebanyak 2.054 orang. 

"Ini meliputi Petugas Pendataan Lapangan (PPL), Petugas Pemeriksa Lapangan (PML), dan Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka),"terangnya.

Program pemerintah pusat ini menelan dana total Rp4 triliun. Sedangkan, di Kabupaten Kebumen anggaran yang digunakan untuk pendataan ini mencapai Rp12,8 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk perekrutan, pelatihan petugas lapangan hingga honor petugas.

 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network