Kisah Heroik Denjaka Dalam Operasi Pembebasan Sandera dari Perompak Somalia

Tim iNews
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menyambut kedatangan Satgas Merah Putih usai membebaskan Kapal MV Sinar Kudus dari perompak Somalia di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 22 Mei 2011 lalu. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Denjaka adalah salah satu pasukan elite TNI yang memiliki keunggulan dan kemampuan khusus. Pasukan TNI AL yang memiliki nama lengkap Detasemen Jala Mangkara ini telah berpengalaman dalam sejumlah operasi penanggulangan aksi terorisme.

Kisah heroik Denjaka yang dibentuk pada 4 November 1982 ini salah satunya terlibat dalam operasi pembebasan Kapal MV Sinar Kudus dan para ABK WNI yang disandera perompak Somalia pada 2011. 

Setelah penyanderaan berlangsung 46 hari, pasukan siluman satuan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI AL bersama Kopassus, Kopaska dan Kostrad ini berhasil membebaskan Kapal MV Sinar Kudus. Empat dari puluhan bajak laut dilumpuhkan pasukan yang tergabung dalam Tim Satgas Merah Putih.  

Operasi pembebasan di laut yang merupakan operasi jarak jauh pertama bagi pemerintah Indonesia dan TNI ini dilakukan setelah Kapal MV Sinar Kudus dibajak perompak Somalia di Kepulauan Seychelles, Somalia. Kapal milik PT Samudera Indonesia Tbk itu dikuasai secara paksa tepatnya pada 16 Maret 2011.  

Kapal MV Sinar Kudus saat itu membawa 20 anak buah kapal (ABK) serta 8.911 ton feronikel yang akan dikirimkan ke Rotterdam, Belanda. Namun, dalam perjalanan, kapal dibajak di Perairan Somalia, di sekitar 350 mil laut tenggara Oman.  
Pada 17 Maret 2011, kabar pembajakan kapal berbendera Indonesia diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

SBY langsung menggelar rapat terbatas dan memutuskan kapal beserta anak buah kapal harus dibebaskan. Negosiasi dengan pembajak menjadi pilihan sambil menyiapkan operasi militer.  Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono menjadi salah satu pelaku sejarah pembebasan sandera dan Kapal MV Sinar Kudus dari perompak Somalia. 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network