Kisah Heroik Denjaka Dalam Operasi Pembebasan Sandera dari Perompak Somalia

Tim iNews
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menyambut kedatangan Satgas Merah Putih usai membebaskan Kapal MV Sinar Kudus dari perompak Somalia di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 22 Mei 2011 lalu. (Foto: Antara)

Kondisi medan yang sulit membuat pasukan Marinir terus berlatih untuk melaksanakan tugas-tugas di laut. Persiapan dan latihan tersebut berlangsung dalam proses yang lama. "Pembinaan yang secara berkesinambungan, bertingkat, bertahap, dan berlanjut. Tidak bisa terpotong-potong. Selesai latihan oke, enggak. Harus tetap dilatihkan terus," kata Suhartono. 
Dengan kemampuan tersebut, pasukan Denjaka Korps Marinir berhasil melaksanakan operasinya. Operasi pembebasan ini juga didukung oleh Sat-81/Gultor, Batalyon Inti Amphibi, Kopaska dan Frigate.  

TNI berhasil merebut kembali Kapal MV Sinar Kudus dari para perompak Somalia dan melumpuhkan para teroris itu. Dalam operasi pada 1 Mei tersebut, empat perompak Somalia tewas. TNI juga menyita sejumlah barang bukti seperti amunisi dan GPS. 
Namun, pembebasan Kapal MV Sinar Kudus dan para ABK pada 1 Mei 2011 juga disertai dengan pembayaran uang tebusan senilai sekitar Rp4,5 juta miliar dari PT Samudera Indonesia yang diserahkan pada 30 April 2011. 

Kapal MV Sinar Kudus meninggalkan perairan Somalia menuju pangkalan aju Salalah Oman dikawal KRI Yos Sudarso-353 dan KRI Abdul Halim Perdanankusuma-355.  Kedatangan pasukan elite TNI yang terlibat dalam operasi dengan sandi Merah Putih disambut Presiden SBY. Upacara penyambutan digelar di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 22 Mei 2011 lalu. 



Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network