Pemkab Banyumas Berharap Sentra Pembibitan Tanaman Dawuhankulon Jadi Agrowisata

Arbi Anugrah
Sentra pembibitan di Desa Dawuhan Kulon, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas diharapkan dapat dikembangkan menjadi agrowisata khusus buah-buahan. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Sentra pembibitan tanaman keras, tanaman perkebunan, dan hortikultura di Desa Dawuhan Kulon, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas diharapkan dapat dikembangkan menjadi agrowisata khusus buah-buahan. Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono berkunjung ke Desa Dawuhan Kulon, Sabtu (7/1/2023).

"Saya sedang jalan jalan malah kaget jika ternyata potensi pembibitan berbagai jenis tanaman di Desa Dawuhan Kulon sangat besar," kata Sadewo Tri Lastiono dalam keterangannya.

Menurut Sadewo, berdasarkan penuturan petani, penangkar pembibitan tanaman keras, tanaman buah-buahan, dan tanaman perkebunan yang jumlahnya sampai ratusan, ternyata bibit tanaman hasil penangkaran tersebut sudah dipasarkan hingga ke pelosok tanah air. Termasuk bibit tanaman yang dijual di Salaman, Kabupaten Magelang yang dikenal sebagai sentra penjualan bibit tanaman, berasal dari Desa Dawuhan Kulon.

Berkaitan dengan potensi Desa Dawuhan Kulon, Sadewo mengaku langsung menghubungi anggota Komisi IV DPR RI Sunarna, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menyampaikan jika ada program pengadaan bibit tanaman yang bisa dibeli langsung dari Banyumas. Karena di Banyumas ada "gudangnya" bibit tanaman.

Selain menghubungi anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah, Wabup Sadewo juga menghubungi Kepalai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan KP) Kabupaten Banyumas. Ia meminta tahun anggaran 2023 ada pengadaan bibit kopi yang dibeli di Desa Dawuhan Kulon.

"Tadi menurut petani, centra pembibitan tanaman di Desa Dawuhan Kulon ini sudah bersertifikat," lanjutnya

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network