Festival Budaya Tahun Baru Imlek, Rajut Persatuan Lewat Seni Budaya dan Kuliner Tionghoa

Elde Joyosemito
Chinese Tea Instalation dalam Festival Budaya Tahun Baru Imlek di Puhua School. (Foto: Istimewa)

Selain pagelaran puluhan teh, Puhua School juga menyiapkan pertunjukkan dan pengetahuan dari empat pilar seni tradisional Tiongkok yaitu qin (musik), qi (permainan strategi), shu (kaligrafi), dan hua (lukisan kuas). Siswa-siswi Puhua akan memperkenalkan aktivitas yang dapat dicoba langsung oleh pengunjung agar memiliki pengalaman dalam seni melukis payung, menulis aksara mandarin yang indah (shufa), hingga permainan keterampilan dan strategi catur mandarin (xiang qi) yang diperagakan langsung oleh siswi Puhua yang meraih juara nasional Xiang Qi beberapa waktu lalu. 


Puhua School adakan Festival Budaya Tahun Baru Imlek. (Foto: Istimewa)
 
Tak lupa Liuqin, alat musik khas Tiongkok akan dimainkan oleh siswa mengiringi penampilan paduan suara/choir Puhua Chorale Banyumas di panggung utama.

Di tengah area berkonsep perkampungan Tiongkok yang kami bangun di Puhua School Secondary (SMP-SMA) Building, digelar sebuah Noodle Cooking Competition yang diikuti 21 SMA/SMK se-eks karesidenan Banyumas. Hidangan yang dilombakan adalah mie berbahan dasar mocaf (tepung singkong modifikasi) kolaborasi dengan Bank Indonesia yang memiliki petani binaan khusus untuk pengolahan bahan pangan non terigu yang menjadi salah satu gerakan konkrit pada pentingnya gerakan pangan berbasis diversifikasi pangan lokal. 

Di dalam perayaan budaya Imlek yang jatuh pada tahun baru penanggalan Tionghoa mie adalah simbol pending dalam deretan hidangan khas yang sangat beragam. 

Selain karena hidangan ini begitu lekat dengan masyarakat Indonesia, mie membawa banyak simbol dalam budaya Tionghoa, salah satunya bermakna harapan pada kemakmuran, dan panjang umur. Puhua School berkolaborasi dengan  lembaga profesional Association Chef Professional (ACP) melibatkan puluhan peserta grup dari SMK dan SMA se-eks karesidenan Banyumas untuk bertanding mengolah mie mocaf yang kreatif dari segi presentasi, rasa, dan komposisi.

Tim ACP yang dikomandani oleh Advisor sekaligus chef terkenal kebanggaan Indonesia Stefu Santoso bersama-sama Wakil Bupati Banyumas Bapak Sadewo Tri Laksono akan hadir untuk memperebutkan Piala Wakil Bupati Banyumas. 

Seorang selebriti chef muda sekaligus presenter acara kuliner @kualibarbar.transtv Steby Rafael akan menjadi salah satu bintang tamu dalam acara ini bersama rekan-rekan chef profesional dari ACP.

Acara di panggung utama juga melibatkan ratusan siswa untuk mengikuti kompetisi fashion show mulai dari tema konstum Chinese Tradition, hingga penampilan Recycled Fashion Show berkonsep reuse-recycle yang akan didesain oleh siswa siswi Puhua dengan tema Tahun Kelinci sesuai simbol tahun yang baru dalam versi penanggalan China.

 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network