Daftar Daerah yang Potensial Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah Tiga Hari Mendatang

Elde Joyosemito
Ilustrasi prakiraan cuaca

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Dalam tiga hari mendatang, masih ada daerah-daerah di Jawa Tengah yang potensial cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem di Jawa Tengah diperkirakan bakal terjadi ditandai dengan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Sellain itu, juga disertai kilat, petir dan angin kencang.

Potensi cuaca ekstrem dipicu adanya dinamika atmosfer, adanya fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) yang mulai aktif di wilayah Indonesia dan masih dominannya pola monsun Asia. 

Selain itu, adanya belokan dan konvergensi di wilayah Jawa Tengah, serta didukung dengan kelembaban udara yang relatif tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil  berpotensi menyebabkan intensifikasi pertumbuhan awan hujan. Sehingga inilah yang menjadikan potensi cuaca ekstrem.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang dalam tiga hari mendatang.

Pada periode 17-19 Februari 2023 cuaca esktrem dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Tanggal 17 Februari 2023

Batang, Blora, Boyolali, Demak, Jepara, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kab./Kota Magelang, Kab./Kota Pekalongan, Purworejo, Salatiga, Kab. Semarang, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network