Puhua Gelar Science and Business Fair 2023, Ada Robot Pembersih

Elde Joyosemito
Siswa perancang sebuah robot pembersih lantai atau vacuum cleaner berbasis sebuah perangkat elektronik bernama Arduino. (Foto; Istimewa)

Tak cukup sampai di sana, kegiatan ilmiah siswa berbentuk pameran ini juga ada yang menciptakan wewangian dan sabun yang bermanfaat bagi kehidupan kita melalui eksperimen Essential Oil Extraction. 

Berbahan dasar bunga mawar, siswi Puhua melakukan proses ekstraksi menggunakan metode destilasi. Tujuannya untuk mendapatkan ekstrak bunga mawar untuk dijadikan bahan dasar parfum. 

Di antara penelitian science ini ada juga siswa yang mengolah minyak bekas atau jelantah untuk diubah jadi barang bermanfaat yaitu sabun padat dalam proyek making soap from used oil.  

Tidak kalah menakjubkan, proyek siswa juga ada yang meneliti DNA (genetika) pada buah dalam proyek DNA Extraction, lalu ada Simple Electric Generator (mengubah energi gerak menjadi energi listrik menggunaka dinamo), Dancing Flame, Greenhouse Gases (meneliti rumah kaca menggunakan akrilik dan melihat pengaruhnya pada tanaman), hingga Vitamin C Titration (cara mengecek kandungan vitamin C apakah sudah sesuai dengan yang tertulis di kemasan minuman botolan). 

Di bawah bimbingan guru science Budi Lindrawati dan Anggih Saraswati seluruh penelitian ini disiapkan selama kurang lebih 45 hari.

“Practice Makes Perfect menjadi kunci tema Science Fair yang diselenggarakan tahun ke-2 di Puhua School ini,” kata David Ludiranto Kepala Sekolah SMA Puhua. 


Rain detector yang merupakan hasil karya siswa Puhua School. (Foto: Istimewa)
 
Dia menambahkan melalui sains sekolah memantik siswa berani mencoba, berpikir lebih dalam, ilmiah, sekaligus membangun nalar logis dan sistematis karena siswa harus memulai setiap proyek dari nol sejak mempersiapkan bahan, alat, manfaat bagi kehidupan, bahkan dampak, uji coba berulang, hingga berhasil.

“Sebelum memulai penelitian siswa didorong melakukan tahap yang benar mulai dari perencanaan, penelitian, hingga kemampuan mengukur derajat keberhasilannya, tegas David sang Kepala Sekolah.     

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network