Inilah Jejak Kera yang Mirip Makhluk Mitologi King Kong di Kalimantan

Wahyu Budi Santoso
Para ahli primata Malaysia baru-baru ini menemukan seekor monyet misterius yang sebelumnya tidak diketahui keberadaannya di Pulau Kalimantan. (Foto: Ilustrasi)

BANJARMASIN, iNewsPurwokerto.id - Penemuan jejak Gigantopithecus, kera yang paling dekat dengan makhluk mitologi King Kong di Indonesia, telah membangkitkan rasa penasaran para ilmuwan untuk menjelajahi hutan-hutan di Indonesia. 

Para ahli primata Malaysia baru-baru ini menemukan seekor monyet misterius yang sebelumnya tidak diketahui keberadaannya di Pulau Kalimantan

Berdasarkan penelitian awal, monyet misterius tersebut diduga merupakan hasil persilangan antara bekantan (Nasalis larvatus) dan lutung keperakan (Trachypithecus cristatus). 

Monyet misterius ini pertama kali terlihat dalam foto-foto yang beredar di media sosial saat masih remaja pada tahun 2017. Pada tahun 2020, foto-foto terbaru mengungkapkan bahwa monyet tersebut adalah betina dewasa yang kemungkinan memiliki bayi sendiri. 

"Dia terlihat sedang menyusui bayinya. Kami semua terkesima, itu benar-benar menakjubkan," ujar Nadine Ruppert, seorang ahli primata dari Universiti Sains Malaysia, seperti dilansir dari laman Live Science pada Kamis (5/5/2022). 

Monyet hibrida ini ditemukan di dekat Sungai Kinabatangan di Pulau Kalimantan yang berada di wilayah Malaysia. 

Para peneliti menduga bahwa monyet misterius dalam foto-foto tersebut merupakan keturunan dari bekantan jantan dan lutung betina yang memiliki ciri-ciri yang sama dari kedua spesies yang berbeda tersebut. 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network