Awas Bahaya Rayap di Banyumas, Sudah Mulai Serang Perumahan 

Elde Joyosemito
Pakar rayap dari Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr Hery Pratiknyo. (Foto: iNewsPurwokerto)

Bahkan, serangan Macrotermes gilvus tidak hanya terjadi pada rumah-rumah warga di perkampungan, tetapi juga di kompleks perumahan.

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa ketika akan mendirikan bangunan atau rumah, harus ada perlakuan khusus terhadap tanah yang menjadi lokasi pembangunan untuk mengantisipasi serangan rayap.

Hery mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sejumlah pihak, biaya untuk memperbaiki rumah yang diserang rayap lebih besar daripada biaya untuk membangun rumah baru.

"Tanah yang akan digunakan untuk membangun rumah sebaiknya dikeruk dan dibersihkan hingga benar-benar bersih, jangan hanya diuruk. Apalagi selama ini pembangunan perumahan dilakukan dengan mengonversi lahan," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pembersihan tersebut dilakukan agar tidak ada sisa kayu atau akar yang berpotensi menjadi sarang rayap ketika rumah atau bangunan tersebut telah berdiri.

Menurutnya, sumber makanan bagi rayap tanah atau Macrotermes gilvus adalah selulosa dari sampah humus maupun kayu yang tidak kering atau kayu yang lembap.

Dalam hal ini, ia menyebutkan bahwa kayu yang tertimbun dalam tanah menjadi lembap, sehingga menjadi sumber makanan dan sarang bagi rayap.

"Yang berbahaya adalah hal-hal yang tidak terlihat di bawah, tiba-tiba sudah membusuk," tegasnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah humus atau sampah kayu di sekitar rumah, karena hal itu sama saja dengan memberi makan rayap.

"Jika sampah ini habis, rayap akan pindah ke rumah. Sehingga hal ini perlu diwaspadai,”tandasnya. 
 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network