Bupati Purbalingga Pastikan Dukung Penuh Program JKN

Elde Joyosemito
Pemkab Purbalingga terus berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui JKN. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Pemkab Purbalingga terus berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini diwujudkan pada kegiatan Audiensi antara BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto dengan Bupati Purbalingga di Ruang Rapat Bupati Purbalingga.

“Saya mengucapkan terima kasih atas silaturahmi dan audiensi dari Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto beserta jajarannya yang berkenan hadir untuk membahas terkait dengan capaian kepesertaan JKN dalam Program Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Purbalingga. Harapannya apa yang sudah tercapai ini bisa terus ditingkatkan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Purbalingga,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

Meski Kabupaten Purbalingga telah mencapai UHC Program JKN sejak tanggal 1 Oktober 2022, namun tetap perlu dibarengi dengan adanya peningkatan layanan kesehatan yang semakin baik untuk masyarakat. 

“Kami harap pemanfataan Aplikasi Mobile JKN untuk kemudahan akses layanan kesehatan bagi peserta JKN semakin masif disosialisasikan kepada masyarakat. Informasi-informasi tentang fitur Aplikasi Mobile JKN dan Sistem Antrean Online harus diketahui oleh masyarakat luas karena sangat bermanfaat dalam mengakses kemudahan layanan kesehatan,” ujar Tiwi sapaan akrab Bupati Purbalingga.

Selain itu dirinya berharap BPJS Kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga untuk menggencarkan kegiatan promotif dan preventif di seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Purbalingga. Hal ini disambut baik oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jusi Febrianto. 

“Kami akan memberikan instruksi kepada seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Purbalingga untuk meningkatkan kegiatan promotif dan preventif melalui keaktifan dalam melaksanakan kegiatan Senam dan Edukasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Kami siap melaksanakan arahan Bupati Purbalingga untuk meningkatkan performance Puskesmas di wilayah Kabupaten Purbalingga dan melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi pada Puskesmas,” tutur Jusi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Niken Sawitri memberikan apresiasi atas dukungan Bupati Purbalingga, Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam optimalisasi Program JKN.

“Per tanggal 1 Februari 2024, sebanyak 1.041.075 jiwa atau 100% masyarakat Kabupaten Purbalingga telah terdaftar sebagai peserta JKN. Untuk segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebanyak 655.483 jiwa, Penerima Bantuan Iuran (PBI) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebanyak 78.680 jiwa, segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sebanyak 199.282 jiwa, segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 87.347 jiwa, dan Segmen Bukan Pekerja (BP) sebanyak 20.283 jiwa,” ungkap Niken.

Ia menambahkan cakupan kepesertaan JKN Kabupaten Purbalingga yang telah mencapai UHC ini berkat dukungan dari berbagai pihak, antara lain Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perusahaan Swasta yang patuh mendaftarkan karyawannya menjadi peserta JKN, serta seluruh masyarakat yang sudah aware pentingnya terlindungi Program JKN.

“Untuk wilayah Kabupaten Purbalingga, BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto saat ini bekerja sama dengan 9 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dan 60 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). 60 FKTP ini terdiri dari 22 Puskesmas, 4 FKTP TNI/POLRI, 14 Klinik Pratama, 17 Dokter Praktik Perorangan (DPP), dan 3 Dokter Gigi,” kata Niken.

Ia berharap BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto bersama Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan mitra fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat terus berkolaborasi untuk memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN.

“Semoga kita semua dapat terus memenuhi harapan dan kebutuhan peserta JKN sesuai dengan standar kualitas yang ada untuk mewujudkan Transformasi Mutu Layanan yang Mudah, Cepat, dan Setara untuk seluruh peserta JKN,” pungkas Niken.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network