Perjuangan Bayu Aji, Difabel Tuna Netra yang Raih Cumlaude

Elde Joyosemito
Bayu Aji Firmansyah berhasil menyelesaikan kuliahnya di UNY dalam waktu 3 tahun 7 bulan dan meraih gelar Cum Laude dengan IPK 3,83. (Foto: Laman UNY)

YOGYAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Bayu Aji Firmansyah berhasil menyelesaikan kuliahnya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam waktu 3 tahun 7 bulan dan meraih gelar Cum Laude dengan IPK 3,83. Prestasi ini luar biasa mengingat Bayu Aji adalah mahasiswa disabilitas tunanetra.

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik tersebut diterima di UNY melalui jalur SBMPTN. "Alasan saya memilih Ilmu Komunikasi di UNY karena saya sadar dengan kemampuan diri. Apabila mengambil Ilmu Komunikasi di kampus lain, saya tidak yakin dapat diterima," kata Bayu seperti dikutip dari laman UNY. 

Ia bersyukur mendapat lingkungan yang mendukung, termasuk dosen yang terbuka menerimanya sebagai mahasiswa, meskipun sebagian besar dosen di Ilmu Komunikasi belum pernah mengajar tunanetra sebelumnya. Dosen-dosen mampu mengakomodasi kebutuhan Bayu, begitu juga dengan teman-teman yang bersedia membantu jika ada kesulitan.

Alumni SMAN 1 Bambanglipuro Bantul ini sadar bahwa kemampuan mobilitasnya tidak sebaik disabilitas yang memiliki latar belakang sekolah di SLB. "Saya kesulitan menghafalkan letak suatu tempat, sehingga untuk ke kelas saya masuk bersama teman dan biasanya janjian di gerbang fakultas," ujarnya. 

Sejak diterima di UNY, Bayu menargetkan lulus maksimal dalam 8 semester. Ia adalah penerima KIPK yang hanya meng-cover biaya kuliah sampai semester 8, sehingga jika Bayu belum lulus hingga semester 8, ia harus membayar UKT sendiri.

Putra pasangan Suparyanta, seorang petani, dan Sri Mulyani, seorang ibu rumah tangga ini mencari cara bagaimana dapat mengerjakan skripsi dengan optimal di semester 7. Menurut aturan akademik, seharusnya di semester 7 mahasiswa melakukan KKN dan PKL. 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network