Sapu Sorgum Purbalingga Tembus Pasar Ekspor Korea dan Jepang

Arbi Anugrah
Sapu Sorgum Purbalingga Tembus Pasar Ekspor Korea dan Jepang. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Sedikit yang mengetahui bahwa tanaman sorgum memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Seseorang yang berhasil memanfaatkan sorgum adalah Bambang Triono, pria dari Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara, Purbalingga ini menciptakan produk sapu menggunakan bahan dasar dari tanaman sorgum.

Bermula dari UMKM, sapu sorgum yang unik ini ternyata diminati pasar internasional. Saat ini, seluruh produk sapu yang dihasilkannya 100 persen diekspor ke Korea dan Jepang.

"Memang produk kami tidak diperjualbelikan di dalam negeri, khusus untuk ekspor ke Jepang dan Korea," kata Bambang Triono saat ditemui di acara Roadshow Pemulihan Ekonomi di lapangan Desa Karanggambas, Senin (24/6/2024).

Pemilik CV Rayung Pelangi dan PT Rayung Pelangi Nusantara menyatakan bahwa ia memulai usahanya sejak tahun 1997, tetapi baru pada tahun 2015 ia mulai mengekspor produk secara mandiri ke Korea dan Jepang. Dalam sebulan, Bambang mampu mengirim 1 hingga 2 kontainer sapu sorgum.

"Untuk saat ini kebanyakan diekspor ke Korea, ke Jepang kita masih dalam proses untuk MOU, tapi produk kita juga sudah jalan tapi tidak sebanyak ke Korea. Alhamdulillah dalam satu bulan minimal satu sampai dua kontainer, kita memang khusus untuk ekspor saja," ujarnya.

Bambang mengungkapkan bahwa di Indonesia hanya empat perusahaan yang secara khusus fokus pada produksi sapu sorgum, termasuk perusahaannya sendiri. Ia menjual produk-produknya dengan harga mulai dari Rp60.000 hingga Rp200.000. Bambang juga sangat menghargai dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), karena berkat dukungan tersebut, ia dapat mencapai kesuksesan seperti saat ini.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network