Sapu Sorgum Purbalingga Tembus Pasar Ekspor Korea dan Jepang

Arbi Anugrah
Sapu Sorgum Purbalingga Tembus Pasar Ekspor Korea dan Jepang. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

"Luar biasa para Pejabat Purbalingga selalu mendukung kepada UMKM, saya bisa seperti ini memang memulai dari UMKM. Awalnya kita keliling ke kota-kota lainnya dan saya sering ikut seminar-seminar di kedinasan dan bisa sampai mandiri," terangnya.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dalam Roadshow Pemulihan Ekonomi turut mempromosikan Produk UMKM Kecamatan padamara, salah satunya sapu sorgum.

"Ini adalah sapu khas Karanggambas yang dibuat di Karanggambas Purbalingga yang dijual ekspor ke mancanegara, ke Jepang dan juga ke Korea, mantap Produk lokal Purbalingga. Kebetulan beliau mas Bambang Triono ini adalah salah satu pengrajinnya yang setiap bulan sudah mengekspor sapu-sapu ini ke luar negeri," katanya.

Tiwi mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Purbalingga selalu mendukung UMKM untuk dapat naik kelas, salah satunya dengan mempromosikan produk UMKM melalui Roadshow Pemulihan Ekonomi.

"Mudah-mudahan ini akan meningkatkan semangat para pelaku UMKM ke depan bisa terus maju, bisa terus berkembang produk-produknya dan tentunya UMKM Kabupaten Purbalingga ini bisa terus naik kelas," katanya.

Pemkab Purbalingga, kata Tiwi, juga memiliki beragam program untuk mengembangkan UMKM, seperti bantuan pelatihan, bantuan pemasaran, pendampingan, dan bantuan modal kerja. Dia juga mengingatkan Kepala Desa yang hadir untuk menggunakan dana desa untuk memberdayakan masyarakat.

"Oleh karenanya bapak ibu para pelaku UMKM lokal ketika mungkin butuh fasilitasi dari pemerintah daerah, jangan sungkan sungkan untuk berkoordinasi, karena perhatian pemerintah kepada UMKM luar biasa. Saya titip kepada rekan-rekan kepala desa, yang namanya dana desa itu bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat khususnya pemberdayaan ekonomi," pungkasnya

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network