HUT ke-3 KA Baturraden Ekspress, KAI Daop 5 Purwokerto Gelar Serangkaian Event 

Elde Joyosemito
KA Baturraden Ekspress merayakan hari jadinya yang ke-3 pada Selasa (25/6/2024). Kereta ini melayani rute Stasiun Purwokerto-Bandung PP. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - KA Baturraden Ekspress merayakan hari jadinya yang ke-3 pada Selasa (25/6/2024). Kereta ini melayani rute Stasiun Purwokerto-Bandung PP setiap hari.

“KAI Daop 5 Purwokerto mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah setia menggunakan KA Baturraden Ekspress untuk bertransportasi hingga saat ini,” ujar Dominicus Agung Wawan Purnawan, VP Daop 5 Purwokerto dalam keterangannya, Selasa (25/6/2024).

KA Baturraden Ekspress mulai beroperasi pada Jumat, 25 Juni 2021, di tengah pandemi Covid-19. Meskipun demikian, KAI tetap berkomitmen untuk berinovasi dengan menghadirkan kereta api rute baru guna mendukung konektivitas masyarakat, khususnya dari dan ke wilayah Kabupaten Banyumas.

Namun, seiring diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta dukungan KAI terhadap program pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, perjalanan KA Baturraden Ekspress sempat dihentikan.

Pada masa transisi dari pandemi menuju endemi, pemerintah menyatakan bahwa situasi pandemi Covid-19 mulai terkendali dan imunitas masyarakat semakin tinggi. Dengan pelonggaran PPKM, KAI Daop 5 kembali mengoperasikan KA Baturraden Ekspress pada Kamis, 22 Desember 2022, bertepatan dengan masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Rute kereta pun diubah dari lintas utara (Purwokerto-Cirebon-Cikampek-Bandung) menjadi lintas selatan (Purwokerto-Kroya-Tasikmalaya-Bandung).

Rangkaian KA Baturraden Ekspress terdiri dari 2 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk (TD) dan 5 kereta kelas bisnis dengan kapasitas 320 TD, totalnya 420 TD. Karena meningkatnya minat masyarakat, mulai 1 Juni 2024, formasi rangkaian kereta diubah menjadi 4 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas 200 TD dan 3 kereta kelas bisnis dengan kapasitas 192 TD.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network