Jagat Lengger Festival Digelar Hari Ini, Ada Apa Saja di JLF 2024 Banyumas?

Arbi Anugrah
Jagat Lengger Festival Digelar Hari Ini, Ada Apa Saja di JLF 2024 Banyumas?. Foto: Dok Jagat Lengger Festival, M. Harsya Pambudi

Panggung ekspresi menampilkan bagaimana para seniman seniman musik, visual, pelukis dan lain sebagainya untuk merespon tema Indhang yang kita angkat pada tahun ini," ujarnya.

Lalu pada malam harinya Jagat Lengger Festival 2024 akan menampilkan Gladen Indhang, di mana pada awal acara akan ada penampilan kolaborasi dirinya dengan Didik Nini Thowok. Penampilan tersebut akan dicoba untuk merepresentasikan atau mementaskan lengger sesuai dengan sprint-spirit lengger pada umumnya 

Selain itu, lanjut Otniel, JLF 2024 juga akan menampilkan arsip dari lengger yang dimiliki oleh tim JLF. Pihaknya juga akan mengolah arsip lengger dari Profesor Rene Lysloff yang merupakan pakar etnomusikologi yang telah melakukan penelitian tentang lengger selama 15 tahun di Banyumas.

"Kita akan mencoba membedah satu satu dari arsip beliau. Di tahun ini kita fokus pada dua tokoh yaitu lengger Astuti dan juga Bu Narsih yang coba akan kita dinarasikan dalam sebuah pameran," tambahnya.

Pada kegiatan Jagat Lengger Festival dihari terakhir akan ditutup dengan tarian lengger Banjarwaru dengan tarian Baladewa seperti pertunjukan aslinya. Tarian ini akan mempresentasikan lengger dan baladewa sebagai dua sifat dalam penari lengger.

"Diawali dengan lengger dan diakhiri dengan tarian baladewa yang mempresentasikan bagaimana lengger juga mempunyai dua sifat kelaki-lakian dan keperempuanan. Bagaimana keperempuanan itu direpresentasikan dengan tarian lengger dan juga kelaki-lakiannya itu direpresentasikan dengan tarian baladewa sebagai penutup. Jadi simbol lengger tentang lintas gender itu memang sudah ada dalam struktur pertunjukan lengger. Itu yang ingin kita hadirkan," pungkasnya.

Rangkaian kegiatan Jagat Lengger Festival 2024 sudah dimulai dari kegiatan Nyantrik, kemudian dilanjutkan dengan Ziarah Dariah yang digelar pada Selasa-Rabu, 25-26 Juni dan diakhiri pada acara puncak JLF yang menghadirkan penampilan Didik Nini Thowok dan Otniel Tasman pada tanggal 28-30 di area Kecamatan Banyumas. Informasi lengkap terkait program-progran JLF juga dapat diikuti di media sosial instagram, @jagatlenggerfest.

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network