Berikut adalah 5 Kasus Percobaan Pembunuhan dan Penembakan terhadap Pejabat di Indonesia

Muhammad Fida Ul Haq
Menko Polhukam Wiranto dievakuasi usai diserang dengan pisau oleh seorang pria saat baru turun dari mobil. Foto: Antara

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Sepanjang sejarah Indonesia, beberapa pejabat negara telah menjadi sasaran percobaan pembunuhan. Kasus-kasus ini menggambarkan risiko yang dihadapi oleh para pemimpin dalam menjalankan tugas mereka.

Kasus penembakan seperti diketahui mencuat usai Donald Trump menjadi korbannya saat berkampanye untuk Pilpres di Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024). Trump terkena serpihan peluru tersebut tapi berhasil selamat.

Berikut 5 kasus percobaan pembunuhan  yang menyasar Presiden Soekarno hingga mantan Menko Polhukam Wiranto dikutip dari situs indonesia.go.id milik Kementerian Kominfo, Minggu (14/7/2024):

1.Percobaan Pembunuhan Presiden Soekarno Peristiwa Granat Cikini (1957)

Pada 30 November 1957, Presiden Soekarno menjadi target pelemparan granat saat menghadiri acara di Sekolah Rakyat Perguruan Cikini. Lima granat dilemparkan, menyebabkan sepuluh orang tewas dan 48 lainnya luka-luka. Para pelaku, yang berasal dari Bima dan tergabung dalam Gerakan Anti-Komunis (GAK), berhasil ditangkap.

2.Penembakan Istana Presiden Soekarno oleh Letnan Daniel Maukar (1960)

Pada 9 Maret 1960, Letnan Daniel Maukar, seorang pilot Angkatan Udara, menembak Istana Presiden dengan kanon 23 mm dari pesawat Mig-17. Serangan ini mengenai pilar dekat meja kerja Presiden Soekarno, yang saat itu sedang memimpin rapat di gedung sebelah. Maukar dipenjara selama 8 tahun.



Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network