Ada Upaya Penggiringan, Para Pedagang Tolak Dipindah ke Pasar Tumenggungan

Joe Hartoyo
Ada Upaya Penggiringan, Para Pedagang Pasar Pagi Tolak Dipindah ke Pasar Tumenggungan. Foto: Dok Humas Pemkab Kebumen

Arif bahkan menunjukkan kesiapannya untuk menurunkan retribusi kios pasar yang dianggap memberatkan para pedagang, terutama di saat pasar rakyat atau tradisional sedang sepi. Para pedagang yang merasa terbebani oleh kenaikan retribusi akibat Perda 2019 diharapkan dapat mengajukan permohonan kepada Pemda dengan melampirkan KTP sebagai syarat administrasi.

"Penurunannya bisa mencapai 50 persen, bila memungkinkan bisa sampai kita gratiskan, karena memang kita tidak mau memberatkan masyarakat, mengingat banyak yang mengeluh saat ini kondisi pasar rakyat kian sepi, seperti halnya di tempat-tempat lain," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Pagi, Yono Gunawan, mengonfirmasi bahwa terdapat tim sukses yang mengunjungi para pedagang di pasar pagi. Tim tersebut melakukan pendataan terhadap para pedagang dan meminta dukungan untuk memenangkan calon pasangan kepala daerah, dengan janji akan memindahkan pedagang pasar pagi ke Pasar Tumenggungan.

"Tapi kami menolak, kami tidak mau untuk dipindah ke Pasar Tumenggungan karena di sini kita sudah aman dan nyaman. Kalau di sana nanti kita kehujanan lagi, udah gitu banjir dan banyak pungli. Terus terang kami menolak," kata Yono.

Yono menyayangkan para pedagang pasar dibawa-bawa dalam urusan politik, terutama terkait Pilkada 2024. Ia menegaskan bahwa ia tidak ingin terlibat dalam kepentingan politik. Menurutnya, sebaiknya para pedagang diberikan kebebasan untuk memilih calon sesuai dengan pilihan mereka.

Ia menilai langkah-langkah yang telah diambil oleh Pemkab Kebumen, khususnya Bupati, dalam merelokasi para pedagang pasar pagi dengan menyediakan lokasi yang lebih memadai. Ia juga meminta kepada pedagang pasar lainnya untuk memahami bahwa kegiatan mereka mungkin terganggu akibat proses perbaikan pasar pagi yang masih berlangsung.

"Kalau pedagang atau pembeli yang merasa ada yang terganggu itu wajar karena ini masih dalam proses pembangunan, nanti kalau sudah jadi pasti akan tampak rapih, dan kita berharap ke depan kita tidak dipindah-pindah lagi," jelasnya.

Pembangunan pasar pagi direncanakan akan selesai pada tahun ini, dengan jumlah pedagang yang terdaftar mencapai 800 orang.

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network