Kisah Inspiratif, Dua Siswa MAN 4 Kebumen Ini Kembalikan Barang yang Jatuh dari Truk

Elde Joyosemito
Dua siswa menemukan sebuah paket berisi peralatan bangunan yang jatuh dari truk berhasil kembali ke pemiliknya berkat kepedulian mereka. (Foto: istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Di zaman ini, ternyata masih banyak orang-orang baik yang menunjukkan kebaikan hati mereka. Termasuk dua siswa asal MAN 4 Kebumen ini. 

Keduanya menemukan sebuah paket berisi peralatan bangunan yang jatuh dari truk berhasil kembali ke pemiliknya berkat kepedulian dua pelajar setempat.

Paket yang berupa dus berisi peralatan bangunan tersebut ditemukan oleh Rohmat Nur Taufik (16) dan Aris Munandar (16), siswa MAN 4 Kebumen. 

Mereka menemukan paket tersebut setelah jatuh dari sebuah truk yang melintas di Jalan Raya Bocor, tepatnya di area persawahan antara Desa Tambakrejo dan Desa Bocor, Kecamatan Buluspesantren, pada Rabu 25 September 2024 sekitar pukul 12.30 WIB.

Kedua pelajar tersebut langsung bertindak dengan mengamankan paket dan mengumpulkan peralatan yang berceceran di jalan. Setelah itu, mereka membawa paket tersebut ke Polsek Buluspesantren agar dapat segera dikembalikan kepada pemiliknya.

"Karena truk tersebut sudah tidak mungkin terkejar, kedua pelajar ini mengambil inisiatif untuk menyerahkan paket ke Polsek. Kami sangat salut dengan kejujuran dan kepedulian mereka," ungkap Kapolres Kebumen, AKBP Recky, melalui Kapolsek Buluspesantren, Iptu Walali Saebani, Kamis (26/9/2024).

Menurut Iptu Walali Saebani, setelah dilakukan pemeriksaan, isi kardus tersebut berupa 75 buah fitting pipa PVC. Petunjuk yang ditemukan hanya berupa merk "Grest" yang tercetak pada kotak kardus. 

Untuk mencari pemiliknya, polisi kemudian berkoordinasi dengan toko bangunan di Kecamatan Gombong, yang meneruskan informasi tersebut ke toko-toko bangunan di wilayah Kebumen dan sekitarnya.

Hanya berselang satu hari, Polsek Buluspesantren berhasil menghubungi pemilik paket, yaitu Toko Bangunan Langgeng dari Kecamatan Butuh, Purworejo. Paket tersebut kemudian diambil oleh kernet yang sebelumnya membawa paket tersebut.

"Siang ini, paket sudah diambil oleh pemiliknya melalui kernet. Setelah dicocokkan dengan data yang ada, barang tersebut benar milik warga Purworejo yang dibeli di Yogyakarta," jelas Iptu Walali Saebani.

Kernet tersebut, Muhammad Munjayi (36) asal Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mengaku sempat bingung mencari paket yang hilang. 

Ia bahkan sempat kembali ke toko-toko di daerah Kebumen untuk memeriksa, namun tidak menemukan paket tersebut. Setelah mendapatkan informasi dari Polsek, ia langsung menuju Kebumen untuk mengambil paketnya.

"Aksi kedua siswa MAN 4 Kebumen ini patut menjadi teladan bagi semua pelajar. Kami dari kepolisian sangat terbantu. Jika seluruh warga bersatu untuk mewujudkan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif, Kebumen akan menjadi tempat yang sangat aman dan nyaman bagi semua orang," tutup Kapolsek.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network