Pemeran Film Tebusan Dosa Sapa Penonton Purwokerto, Horor Kisah Perjuangan Seorang Ibu

Arbi Anugrah
Para pemeran film horor misteri 'Tebusan Dosa' menyapa masyarakat Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (13/10/2024) siang. Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Para pemeran film horor misteri 'Tebusan Dosa' menyapa masyarakat Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (13/10/2024) siang. Mereka menyapa para penonton Tebusan Dosa dengan menggelar special screening didua Bioskop yang ada di Kota Purwokerto, sebelum nantinya tayang perdana di bioskop mulai 17 Oktober 2024.

Film drama misteri horor pencarian anak ini diperankan oleh Wening (Happy Salma), yang mengkisahkan seorang ibu yang kehilangan anaknya, memulai perjalanan penuh misteri untuk menemukan kebenaran. Dalam film terbaru Palari Films ini, penonton diajak merasakan perjuangan seorang ibu yang tidak mengenal lelah demi menemukan anaknya yang hilang.

Film yang disutradarai oleh Yosep Anggi Noen ini berawal dari kisah Wening, ibu yang mengalami kejadian tragis saat Nirmala anaknya yang berusia 11 tahun, hilang saat kecelakaan motor di sebuah jembatan. Kecelakaan itu juga merenggut nyawa Uti Yah, ibunda Wening. 

Wening merasa sangat berdosa karena membuat ibunya meninggal dan anaknya hanyut di sungai, namun ia percaya jika Nirmala masih hidup. Tirta (Putri Marino), podcaster Saiki Tirta, kemudian memviralkan kisah tragisnya kehidupan Wening.

Dengan berbagai cara dan harapan, Wening akhirnya mencari Nirmala, termasuk meminta bantuan Tetsuya (Shogen), seorang peneliti dari Jepang. Wening bahkan juga meminta bantuan Mbah Gowa, seorang dukun misterius. Akan tetapi, di tengah pencarian tersebut, Wening selalu didatangi oleh hantu Uti Yah.


Ini Kata Pemeran Film Tebusan Dosa Saat Sapa Purwokerto, Horor Kisah Perjuangan Seorang Ibu. Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id
 
 
Happy Salma yang memerankan karakter Wening mengungkapkan jika film ini sangat relevan dengan kehidupan masyarakat, khususnya kaum perempuan. Di mana ia banyak terinspirasi dari ibu-ibu di seluruh Indonesia, terutama di kelas menengah, bagaimana mereka bekerja keras untuk keluarga, bahkan ada yang menjadi tulang punggung untuk keluarga dan mengurus anak. 

Lalu di dalam film ini dirinya juga dimudahkan oleh cerita yang dibangun. Di mana perasaan-perasaan bersalah dan berdosa sebagai ibu tidak pernah hilang ketika menghadapi kenyataan bahwa yang lakukan tidak sesuai dengan harapan.

"Jadi horor dan ceritanya itu akan kita dapatkan karena peristiwa yang terjadi, bukan horor yang kita datang kesatu tempat tiba-tiba ada penunggunya. Tetapi horor dan misterinya itu disebabkan karena peristiwa yang dialami oleh manusia. Jadi sangat nyambung dan related dengan siapapun," kata Heppy Salma kepada wartawan di Purwokerto, Minggu.

Film Tebusan Dosa ini sendiri menjadi film misteri horor yang menyajikan kisah menyentuh cinta seorang ibu, resiliensi seorang perempuan, dan misteri yang membayangi kehidupan. Melalui karakter Wening, penonton diajak untuk merasakan perasaan hampa dan kosong dari sebuah kehilangan, kegelisahan dalam menghadapi ketidakpastian, serta harapan yang tidak pernah padam. 

Dalam pencarian anaknya, tidak hanya menguji kekuatan fisik Wening, tetapi juga menguji kekuatan emosionalnya sebagai seorang ibu.

"Saya memang beberapa kali terlibat dalam film horor dan selalu punya tantangan, biasanya selalu berhubungan dengan fisik. Di film ini ada hubungan dengan fisik, tapi entah kenapa saya tidak kelelahan, karena sangat alami cerita yang dibangun itu, sehingga tidak perlu mendramatisir. Beberapa orang yang sudah nonton juga mengatakan ini kayak beneran banget," ucapnya.

Dengan cerita yang dibangun sesuai kehidupan manusia ini, Happy Salma yakin, masyarakat Purwokerto akan mengapresiasi sebuah karya-karya yang hidup dan bercerita tentang manusia. Terlebih di Banyumas ini terdapat seorang tokoh sastrawan besar seperti Ahmad Tohari, di mana Happy Salma pernah mementaskan monolog “Ronggeng Dukuh Paruk” karya Ahmad Tohari.

"Saya percaya di Purwokerto ini pasti mengapresiasi karya-karya yang hidup dan bercerita tentang manusia, karena punya seorang sastrawan besar di kota ini," ungkapnya.

Dalam film Tebusan Dosa, sutradara Yosep Anggi Noen memang menciptakan atmosfer misteri horor realistik yang mencekam dengan dibalut drama yang kuat. Anggi Noen juga menggunakan pendekatan kengerian horor bukan hanya dari wujud setan, tetapi tekanan hidup yang kompleks. 

“Saya ingin penonton merasakan emosi yang kompleks dari karakter Wening. Perjuangannya adalah cerminan dari banyak perempuan yang harus berjuang dalam hidup,” kata sutradara Tebusan Dosa Yosep Anggi Noen.

Sedangkan menurut Bhisma Mulia, mengaku senang dan bangga karena dirinya bisa bekerjasama dengan Sutradara Yosep Anggi Noen dan Palari Films. Ia mengaku mengambil banyak ilmu dari film Tebusan Dosa ini, sebab ia merasa diberikan kebebasan saat mendalami karakternya dan berbeda dengan syuting film-film sebelumnya.

"Owh ternyata saat kita fokus dikarakter, adegannya mau dibagaimanapun kita sudah siap secara karakter, mau diapain aja kita ready," ujarnya.

Selain Happy Salma dan Bhisma Mulia, film ini juga dibintangi oleh Putri Marino serta aktor asal Jepang Shogen, Keiko Ananta, Laksmi Notokusumo, dan Haru Sandra. 

Diproduseri oleh Muhammad Zaidy dan Meiske Taurisia, film ini juga didukung oleh studio produksi yang memproduksi horor fenomenal Korea Selatan “Exhuma”, Showbox. Palari Films juga berkolaborasi dengan Legacy Pictures, Sinemart, Phoenix Films, Kuy Entertainment, Infia, Volix, Stickearn & Ming, Mahiya, Dan Karma Club.

Sementara menurut Produser misteri horor Tebusan Dosa Muhammad Zaidy mengatakan jika film horor misteri ini menyajikan cerita yang berbeda dari film horor lainnya. Terlebih Palari Films berkolaborasi dengan produser film Korea Exhuma, Showbox, sehingga film Tebusan Dosa dapat menyajikan kisah unik dengan adegan-adegan yang artistik.

"Kerjasama Palari Films dengan Exhuma memang tanpa dirancang dari awal, ketika filmnya sudah rampung, saya diperkenalkan dengan Showbox, ternyata ini in line dengan apa yang mereka kerjakan," kata Muhammad Zaidy dalam kesempatan tersebut.

Terlebih film misteri horor yang dibuat Palari Films berbeda dari film horor lainnya. Sehingga ia mendapatkan kesempatan bekerjasama untuk mengeksplor potensi bisnis di Indonesia.

"Karena uniknya Indonesia itu salah satu market terbesar di Asia. Penonton market Indonesia saja sekitar 62,5 persen untuk seluruh bioskop untuk potensi penonton untuk film lokal dan ini salah satu yang tertinggi yang pernah ada. Mungkin ini yang dilihat juga oleh para investor luar, jadi mereka ikut serta bekerjasama untuk jangka panjang," ungkapnya.

Muhammad Zaidy mengungkapkan jika film Tebusan Dosa yang tayang di bioskop mulai 17 Oktober 2024 ini juga menjadi capaian penting dirinya dan Palari Films dalam mengeksplorasi genre. Ia juga senang dapat bekerja sama dengan orang-orang terbaik dan berharap film Tebusan Dosa bisa menjadi misteri horor yang spesial bagi penonton Indonesia.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network