Hadapi Rusia, Pemerintah Inggris Bantu 6 Ribu Rudal ke Ukraina

Umaya Khusnia
PM Inggris Boris Johnson

LONDON, iNews.id - Ukraina kembali mendapat amunisi. Kali ini, Inggris bakal mengirim sekitar 6.000 rudal pertahanan baru ke Ukraina. 

Tak hanya itu, Inggris juga mengalokasikan anggaran 30 juta Poundsterling atau 40 juta dolar AS untuk mendukung liputan BBC di kawasan itu dan membayar tentara serta pilot Ukraina. 

Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson akan mengumumkan paket dukungan baru di pertemuan para pemimpin NATO dan G7, Kamis (24/3/2022). 

Inggris juga menyatakan kesediaan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Ukraina lebih lanjut. 

"Inggris akan bekerja dengan sekutu kami untuk meningkatkan dukungan militer dan ekonomi ke Ukraina, memperkuat pertahanan mereka saat mereka membalikkan keadaan dalam pertarungan ini," kata Johnson. 

Johnson mengatakan selama satu bulan setelah krisis ini, masyarakat internasional menghadapi pilihan. 

"Kita dapat menjaga api kebebasan tetap hidup di Ukraina, atau mengambil risiko dipadamkan di seluruh Eropa dan dunia," katanya.  

Sebagai bagian dari paket, Inggris akan menyediakan 6.000 rudal dan 25 juta pound dukungan keuangan untuk militer Ukraina. 

Bantuan tersbeut juga menyediakan 4,1 juta Poundsterling untuk BBC World Service guna membantu mendukung layanan bahasa Ukraina dan Rusia, dan mengatasi disinformasi. 

Inggris mengatakan, dengan komitmen baru itu total akan menyediakan hingga 10.000 rudal. Dana tambahan lebih dari 400 juta pound yang juga diberikan dalam bentuk bantuan kemanusiaan dan ekonomi. 

KTT NATO di Brussels hari Kamis diperkirakan akan membuka bantuan tambahan untuk Kiev termasuk peralatan untuk membantu Ukraina melindungi dari ancaman kimia, biologi, radiologi dan nuklir. 

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network