Hitam Putih Kehidupan Bupati Banjarnegara yang Kini Ditahan KPK

Elde Joyosemito
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang ditahan oleh KPK. (Foto: IG @budhisarwono)

JAKARTA, iNews.id- Secara resmi Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono telah ditahan oleh KPK. Penahanan dilakukan setelah Budhi Sarwono (BS) menjadi tersangka kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan, pemborongan, ataupun persewaan di Dinas PUPR Banjarnegara tahun 2017 - 2018. Budhi ditahan bersama dengan seorang pihak swasta, Kedy Afandi (KA).

"Setelah melakukan penyelidikan, maka kita tentu menemukan adanya bukti permulaan yang cukup dan kita tingkatkan dengan melakukan penyidikan, dan pada malam ini bahwa hasil kerja keras tersebut menetapkan dua orang tersangka antara lain BS dan KA," kata Ketua KPK, Firli Bahuri saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/9/2021) malam.

Bagaimana kehidupan pribadi sang bupati? Bupati Banjarnegara pernah mengungkap kehidupannya pada acara Ngobrol Bareng Gus Miftah bersama Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Jumat, 16 Juli 2021 pukul 21.00 WIB silam di iNews.

Budhi Sarwono memang kerap menjadi berita viral. Bukan hanya sekali pernyataan Budhi menjadi sorotan masyarakat. Sang Bupati juga sempat viral karena mengunggah slip gajinya ke akun resmi Instagram Kabupaten Banjarnegara @kabupatenbanjarnegara.

Sebelum menjadi bupati, ia mengaku pernah menjadi bandar narkoba dan kepala pengepul ekstasi di daerahnya. “Dulu saya kepala pengepul pil atau mungkin bisa dibilang bandar ekstasi. Saya mengedarkan narkoba itu sejak tahun 1993 hingga berhenti di tahun 1998," ungkapnya kepada Gus Miftah. 

Suatu ketika, usai menikmati obat terlarang itu Budhi over dosis dan dinyatakan meninggal. Tubuh dinginnya telah terikat dan disimpan di kamar jenazah rumah sakit. Tak disangka ia mengalami perjalanan spiritual saat mati suri dan kembali hidup. Dia mendapatkan hidayah dan akhirnya menjadi mualaf.

Budhi lahir pada 27 November 1962 dengan nama Kho Wing Chin atau Wing Tjien.  Sebelum menjadi bupati, Budhi tercatat sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten PSSI Banjarnegara. Budhi juga tercatat sebagai Ketua Umum Asosiasi Aspal Beton Indonesia Jateng, sekaligus pemilik PT Bumirejo Banjarnegara yang bergerak dalam bidang konstruksi. Sebelum menjadi Bupati, Budhi Sarwono merupakan Dewan Penasehat Gapensi Banjarnegara dan Ketua DPP PITI Indonesia.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network