Berapa Harta Kekayaan Arif Sugiyanto Setelah Menjabat Bupati Kebumen, Apakah Meningkat?

Joe Hartoyo
Berapa Harta Kekayaan Arif Sugiyanto Setelah Menjabat Bupati Kebumen, Apakah Naik? Foto: Istimewa

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Berapa harta kekayaan Arif Sugiyanto saat menjabat sebagai Bupati Kebumen, apakah meningkat? Arif Sugiyanto, kembali menjadi sorotan publik setelah hasil laporan harta kekayaannya yang didapat dari data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) menurun drastis.

Harta kekayaan orang nomor satu di Kebumen ini justru menunjukkan penurunan signifikan sejak pertama kali menjabat di tahun 2019 sebagai wakil Bupati. 

Dari hasil LHKPN yang disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), total harta kekayaan Arif Sugiyanto pada tahun 2019 tercatat sebesar Rp22,5 miliar. 

Akan tetapi, jumlah harta kekayaan Arif Sugiyanto terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Dari data LHKPN terbaru yang dilaporkan pada akhir tahun 2023, total harta kekayaan Arif Sugiyanto tercatat hanya sebesar Rp16,6 miliar, atau mengalami penurunan sebesar Rp5,9 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjelaskan jika penyusutan harta kekayaannya tersebut, ia digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan operasional selama menjalankan tugas sebagai pejabat publik. 

Arif Sugiyanto bahkan mengaku jika dirinya tidak mengambil gajinya sebagai bupati. Ia lebih memilih memberikan uang gajinya sebagai Bupati untuk masyarakat dalam bentuk bantuan sarana dan prasarana, termasuk donasi ke Palestina. 

“Karena memang kas uang saya gunakan untuk operasional. Gaji nggak saya ambil, saya berikan ke masyarakat,” kata Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Jumat (6/9/2024).

Arif Sugiyanto sendiri termasuk salah satu pejabat yang konsisten dalam pelaporan LHKPN setiap tahunnya, tepat pada tanggal 31 Desember.

Meskipun harta kekayaannya terus menurun drastis, namun Arif mengaku jika dirinya merasa bahagia karena bisa memberikan pengabdian terbaiknya kepada masyarakat di Kabupaten Kebumen. 

“Kita bicaranya bukan masalah tekor, ini adalah sebuah bentuk pengabdian. Pengabdian itu pasti perlu uang untuk operasional,” tegasnya.

LHKPN Arif Sugiyanto Sejak 2019 

Arif Sugiyanto sendiri pertama kali melaporkan LHKPN ke KPK ketika menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen pada tahun 2019. Saat itu harta kekayaanya Arif Sugiyanto mencapai Rp22,5 miliar.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network