Makan Murah Ala Anak Kos di Purwokerto: Cukup Rp4 Ribu Sudah Kenyang

Agustinus Yoga Primantoro
Purwokerto salah satu dari tujuh Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Segini makan murah ala anak kos di Purwokerto (Foto: Instagram@banyumaskeren)

Jika dirata-rata, menurut pengakuan mereka, kebutuhan hidup mahasiswa di kota Purwokerto perbulannya berkisar sekitar Rp 1 juta. Terkadang uang dari kiriman orang tua mereka masih tersisa, jika tidak ada kebutuhan kampus yang mendesak.

Berbeda dengan ketiga cerita di atas, Isna Aulia (20) mahasiswi asal Tegal, mengaku bahwa kebutuhan hidupnya sebagai mahasiswi di Fakultas Pertanian, Unsoed, tidak mencapai Rp 1 juta. Pasalnya, dirinya tidak mendapatkan kiriman dari orangtuanya, melainkan dari beasiswa yang ia terima.

"Kalau aku untuk biaya hidup di Purwokerto tidak segitu, karena aku dapat beasiswa, jadi, tidak ada kiriman dari orang tua, paling cuma dari kakak. Mau tidak mau, dicukup-cukupin," tuturnya.

Sementara untuk kebutuhan sehari-hari termasuk kebutuhan perlengkapan kos, hampir rata-rata mahasiswa di Unsoed akan memilih Bursa Kampus sebagai tempat mencari alat tulis, sabun, sikat gigi, detergen dan lain sebagainya dengan harga yang sedikit berbanding dari warung biasanya.


Kendati fasilitas transportasi umum di Kota Purwokerto sudah terbilang lengkap, terbukti dengan adanya Bus Trans Jateng, Bus Trans Banyumas, Ojek online dan sebagainya, rata-rata mahasiswa masih mengeluhkan angkutan kota yang belum menjangkau daerah di sekitar kampusnya. Ditambah lagi akses menuju ke lokasi tertentu yang masih sulit, sehingga dibutuhkan kendaraan pribadi, seperti motor agar dapat menjangkau tempat-tempat yang mereka inginkan.

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network