Presiden Turki Erdogan Pasang Badan: Negara Teroris Tidak Bisa Masuk NATO

Anton Suhartono
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters)

Menlu AS Blinken Finlandia dan Swedia bisa diterima sebagai anggota NATO jika 30 anggotanya setuju. "Mereka tidak jujur ?? atau tulus. Kami tidak bisa mengulangi kesalahan yang dibuat di masa lalu mengenai negara-negara yang merangkul dan memberi makan teroris seperti itu di NATO, yang merupakan organisasi keamanan," kata Erdogan.

Sementara itu Finlandia dan Swedia menegaskan telah mengutuk terorisme dan menyambut baik kemungkinan untuk membahas lebih kanjut isu ini dengan Turki. 

"Upaya diplomatik sedang berlangsung. Kami menolak berkomentar lebih lanjut saat ini," kata Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde, mengomentari pernyataan terbaru Erdogan ini. 

Lebih lanjut Erdogan juga mengomentari perang Rusia dan Ukraina. Menurut dia, Turki ingin mengakhiri perang sesegera mungkin, namun situasinya menjadi semakin sulit dari hari ke hari. 

"Pada Senin, saya akan berbicara melalui panggilan telepon dengan Rusia dan Ukraina. Kami akan terus mendorong kedua pihak untuk mengoperasikan saluran dialog dan diplomasi," katanya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network