get app
inews
Aa Read Next : Film Dirty Vote Hilang di Pencarian YouTube, Begini Komentar Warganet

Melihat Kekayaan Jawed Karim, Orang Pertama yang Unggah Video di YouTube

Minggu, 19 Juni 2022 | 19:19 WIB
header img
Sebagai seorang youtuber, apakah kalian tahu siapa pendiri dan orang pertama yang mengunggah video di YouTube? (Foto: Instagram @Jawedkarim official)

NEW YORK, iNews.id - Sebagai seorang youtuber, apakah kalian tahu siapa pendiri dan orang pertama yang mengunggah video di YouTube?

Dia adalah Jawed Karim, Chad Hurley, dan Stve Chan. Jawed Karim telah bergabung dengan YouTube sejak video pertama diunggah.

YouTube sendiri adalah salah satu platform berbagi video tertua dan terpopuler di dunia. Saat video pertama itu diunggah oleh Jawed Karim pada tanggal 23 April 2005. Video pertama yang diunggah ke YouTube kala itu adalah "Me at the Zoo".

Ketika itu, teman SMA-nya, Yakov Lapitsky yang merekam video saat dia berdiri di berada di depan kandang gajah Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS). Saat ini, video dengan durasi 18 detik itu telah dilihat lebih dari 235 juta kali. Ternyata video tersebut adalah video iseng yang dia unggah untuk mengisi kekosongan platform YouTube. 

Jawed Karim adalah insinyur perangkat lunak dan pengusaha dari Amerika Serikat (AS). Dia lahir dari pasangan Cristine (Jerman) dan Naimul Karim (Bangladesh) pada 28 Oktober 1979 di Merseburg, Jerman. 

Ayahnya adalah peneliti Bangladesh yang bekerja di Minnesota Mining and Manufacturing Company. Sedangkan ibunya seorang ilmuwan Jerman yang bekerja sebagai Profesor Riset Biokimia di Universitas Minnesota. 

Karim dibesarkan di Neuss, Jerman namun karena keluarganya mengalami xenofobia akhirnya mereka hijrah ke Saint Paul, Minnesota pada 1992. Dia lulus dari Saint Paul Central High School pada 1997, kemudian melanjutkan kuliah ke University of Illinois.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut