get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

5 Destinasi Wisata Alam di Banyumas, Nomor 3 Bukit Asri Ala Eropa

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:38 WIB
header img
5 destinasi wisata alam di Banyumas Jawa Tengah dengan pemandangan yang sangat menawan. Salah satunya hutan pinus limpakuwus ini. (Foto IG Limpakuwus)

2. Kebun Raya Baturaden 

Kebun seluas 14,4 hektar ini mengoleksi berbagai macam jenis flora. Tanaman dikelompokkan dalam nama taman berdasarkan jenisnya seperti Taman Obat, Taman Liana, Taman Paku, Taman Flora of Java dan lainnya. Hingga saat ini Kebun Raya Baturaden mengkoleksi 2215 spesimen, 722 spesies, 446 magra, dan 127 suku tanaman. 

Kebun Raya Baturaden menjadi salah satu alternatif tempat piknik yang sering dikunjungi wisatawan yang membutuhkan udara segar untuk merefresh diri. Tempat ini cocok dijadikan tempat piknik keluarga karena tempatnya yang nyaman dengan udara yang, segar dikelilingi berbagai macam pohon yang menjulang tinggi, serta hamparan rumput yang hijau. 

Fasilitas yang terdapat di tempat ini juga cukup lengkap mulai dari wahana permainan, aoutbond area, warung wisata, camping ground, toilet, spot foto, dan juga penginapan tersedia di Kebun Raya Baturaden. Tempat ini berlokasi di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baruraden. Harga tiket masuk kawasan ini yaitu Rp10.000 per orang. 


Manggala Ranch, bukit asri ala Eropa,. Destinasi wisata alam di Banyumas Jawa Tengah dengan pemandangan yang sangat menawan (Foto : Elde Joyosemito/iNews.id)

​​​​​3. Manggala Ranch 

Suasana perbukitan yang ditumbuhi rumput hijau dilengkapi dengan beberapa ekor sapi yang sedang memakan rerumputan bisa kita liat di luar negeri seperti New Zealand. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi padang bukit asri ala Eropa.  

Kamu tinggal datang ke Cilongok, Banyumas. Lokasinya berada di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Area bukit Manggala. Hamparan rumput yang luas sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik. Anda hanya perlu menggelar tikar dan duduk santai sambil menikmati pemAndangan dan juga bermain dengan ternak yang ada ditempat ini.

Pasalnya hewan ternak seperti domba dan sapi perah dilepas liar di sini. Tak hanya sekedar menikmati pemandangan alam peternakan, Anda juga bisa belajar beternak dan juga memerah sapi secara langsung. Lokasi Manggala Ranch ini bisa Anda tempuh dengan waktu 45 menit dari kota Purwokerto. Tidak butuh tiket apa pun untuk memasuki lokasi ini. Namun, Anda perlu membayar  parkir seharga Rp2.000 hingga Rp3.000 untuk motor.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut