Rute Kereta Api Terjauh di Indonesia, Ada yang Melintasi Pulau Jawa Sepanjang 945 Km

Tangguh Yudha
.
Rabu, 22 Juni 2022 | 21:31 WIB
Tidak hanya bus, Indonesia juga memiliki moda transportasi kereta api (KA) yang memiliki rute terjauh hingga 945 km. (Foto: Instagram/KAI)

JAKARTA, iNews.id - Rute Kereta Api (KA) terjauh di Indonesia dilayani oleh beberapa KA. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas. 

Tidak hanya bus yang melayani rute terjauh, Indonesia juga punya moda kereta api yang memiliki rute sangat jauh. Sehingga wajar jika ada banyak pilihan moda transportasi di Indonesia. 

Namun menariknya, tiket kereta api di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan moda angkutan lain, meski ditempuh dengan jarak terpanjang.

Setidaknya tercatat ada lima kereta api dengan jarak tempuh terpanjang di Indonesia. Kereta apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (22/6/2022), berikut deretannya. 

1. KA Gaya Baru Malam Selatan

KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) memiliki rute sepanjang 825 kilometer. Kereta ini melayani kelas Ekonomi Plus PSO dan eksekutif antara Stasiun Pasar Senen (Jakarta) dengan Stasiun Gubeng (Surabaya).

Dalam perjalanannya, setidaknya ada sekitar 25 stasiun yang disinggahi kereta yang ditarik Lokomotif CC201 ini. Saking jauhnya, KA Gaya Baru Malam Selatan memakan waktu perjalanan hingga 14 jam.

2. KA Matarmaja

KA Matarmaja melayani rute Stasiun Kota Baru Malang-Pasar Senen Jakarta sejauh 881 km. Untuk menuntaskan perjalanannya, kereta kelas Ekonomi AC ini membutuhkan waktu 15-16 jam.

KA Matarmaja telah beroperasi sejak 1983. Sebelumnya, kereta ini hanya melayani rute yang lebih dekat. Hingga saat ini, KA Matarmaja masih beroperasi dengan menggunakan Lokomotif CC201 atau CC203.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini