Dua Tempat Ini Diduga Jadi Tempat Persembunyian Dajjal

Hadi Widodo
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 10:55 WIB

JAKARTA, iNews.id - Dajjal adalah sosok dalam estakologi Islam yang tergambar mengerikan. Sosok ini akan muncul saat menjelang datangnya hari kiamat. Hingga kini pun, keberadaan Dajjal menjadi misteri banyak orang. 

Beberapa kajian hingga petunjuk dari hadits, menyatakan ciri dugaan lokasi keberadaan sosok Dajjal, yang nantinya muncul jelang hari kiamat.

Lantas, tempat mana sajakah yang diduga menjadi lokasi persembunyian Dajjal? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sindonews :

1. Pulau Socotra

Pulau Socotra adalah sebuah pulau yang menjadi bagian dari wilayah Yaman. Pulau ini terletak sekitar 241 km dari Somalia dan 354 km dari daratan Yaman.

Nama Socotra sendiri berasal dari istilah Sansekerta ‘dvipa sukhadara’ yang berarti ‘Pulau Kebahagiaan’. Konon pulau ini disebut tanah ajaib karena bisa menyembuhkan orang Romawi dan Yunani pada masa peperangan.

Dalam penyebutannya, tempat ini memiliki cukup banyak julukan. Mulai dari Pulau Alien, Pulau Neraka, hingga Pulau persembunyian Dajjal.

Dikutip dari News Delivery, pulau dengan julukan Galapagos of Arabia ini menjadi tempat yang cukup tertutup dan jarang dikunjungi wisatawan. Alasannya adalah aksesnya yang sulit dilalui. Namun, justru keterasingan inilah yang menyebabkan semua jenis endemik hadir di Socotra.Tercatat cukup banyak hewan dan tumbuhan endemik, termasuk salah satunya pohon darah naga.

Seiring perkembangannya, muncul banyak teori yang menyatakan pulau ini sebagai tempat dajjal dikurung. Pendapat ini muncul dengan keanehan alam yang ada di pulau ini dan tidak bisa ditemukan di pulau-pulau lainnya.

Tak hanya itu, teori ini juga didukung adanya pandangan yang menyebut Dajjal dikurung di sebuah pulau di Laut Yaman.

2. Khurasan

Khurasan merupakan sebuah wilayah luas di sebelah Timur jazirah Arab. Khurasan menjadi salah satu nama di provinsi timur Iran. Khurasan Iran berbatasan dengan Turkmenistan di utara dan Afghanistan di timur.

Jangkauan wilayahnya meliputi Nishapur (Iran), Herat (Afghanistan), Merv (Turkmenistan) dan beberapa negara lainnya. Dalam bahasa Persia, Khurasan memiliki arti ‘Tanah Matahari Terbit’.

Sama halnya dengan Pulau Socotra, Khurasan juga diduga sebagai tempat persembunyian dajjal. Hal ini diperkuat dengan salah satu hadits dalam agama Islam yang menyatakan Dajjal akan keluar dari wilayah di Timur bernama Khurasan.

Dikutip dari Insight of Scientific, jejak peradaban manusia di Khurasan sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Saat Khurasan berada di bawah kekuasaan Achaemenid Persia, wilayah ini menjadi primadona dan banyak diperebutkan.

Selain kedua lokasi tersebut, ada juga pendapat yang mengatakan beberapa tempat lain sebagai tempat persembunyian dajjal. Dari sebuah pulau di Laut Arab hingga ada juga yang menyebut Lakshadweep.

Editor : Arif Syaefudin
Bagikan Artikel Ini