get app
inews
Aa Read Next : Tanda Akhir Zaman, Apakah Dajjal ataukah Yajuj dan Majuj Muncul Lebih Dulu

8 Tanda Hari Kiamat, Bertobatlah Mumpung Masih Ada Waktu

Selasa, 19 Desember 2023 | 11:01 WIB
header img
Hari Kiamat  pasti akan datang dan manusia dan mahluk lainnya tidak ada yang tahu kapa akan terjadi. Foto: Ilustrasi/Business Insider

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id  - Hari Kiamat  pasti akan datang dan manusia dan mahluk lainnya tidak ada yang tahu kapa akan terjadi. Hari Kiamat menjadi ketetapan Allah Ta'ala. Hanya Allah Ta'ala yang mengetahui kapan Hari Kiamat akan terjadi.  

Meski demikian ada tanda, tanda Hari Kiamat bakal terjadi. Hari Kiamat, yang juga dikenal sebagai hari akhir zaman atau yaumul akhir, adalah saat umat manusia dibangkitkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan diperhitungkan atas perbuatan mereka.

Sebagai Muslim harus mempercayai bahwa Hari Kiamat akan terjadi sebagai bentuk keimanan.

Berikut 8 tanda Hari Kiamat yang diambil dari ceramah Ustaz Khalid Zeed Abdullah Basalamah di video YouTube:

1. Keluarnya Dajjal
Dajjal, yang berarti kekacauan dalam bahasa Arab, akan muncul dari negeri Persia, yang termasuk dalam suku di Iran. Dajjal dan pengikutnya akan menyebabkan kerusakan di bumi selama 40 hari. Rasulullah menyebut bahwa selama 40 hari itu, satu hari akan seperti setahun, hari berikutnya seperti sebulan, kemudian seperti sepekan, dan hari-hari berikutnya akan seperti hari-hari biasa.

2. Keluarnya Imam Mahdi
Imam Mahdi adalah keturunan langsung Rasulullah. Ia memiliki nama yang sama persis dengan Rasulullah SAW, yaitu Muhammad bin Abdullah. Imam Mahdi akan memimpin perang jihad untuk mengejar Dajjal ketika berada di Palestina.

Ketika Imam Mahdi telah sampai untuk mengejar Dajjal, maka akan turun tanda-tanda selanjutnya.

3. Turunnya Nabi Isa AS
Ketika Imam Mahdi dan pasukannya tiba di Damaskus, mereka akan melaksanakan shalat Asar secara berjamaah yang dipimpin oleh Muhammad bin Abdullah (Imam Mahdi) sebelum bertemu dengan Dajjal. Sebelum shalat itu, Nabi Isa AS akan turun dengan memegang kedua sayap malaikat serta rambut yang basah, meneteskan air ke bumi. "Saat itu semua Muslim akan menyaksikannya," kata Ustad Khalid Basalamah.

Setelah salat, Imam Mahdi dan pengikutnya akan melanjutkan perjalanan menuju Palestina untuk menemui Dajjal. Setelah bertemu, Nabi Isa akan membunuh Dajjal. Setelah Dajjal tewas, pengikutnya akan berusaha bersembunyi di balik pohon dan batu.

4. Keluarnya Yajuj dan Majuj
Nabi Muhammad SAW menjelaskan ciri-ciri mereka seperti, mata sipit tapi besar, rambut kriting, dan postur tubuh manusiawi. Mereka akan muncul jika diizinkan oleh Allah SWT, seperti dalam firman Allah yang artinya: "Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari tempat yang tinggi. Dan sudah dekat janji yang benar (hari berbangkit), maka orang-orang kafir akan terbelalak. Mereka akan berkata: 'Aduhai, celakalah kami, kami sungguh lalai tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.'" (QS. Al-Anbiya': 96-97).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut