get app
inews
Aa Read Next : Musik Batu sebagai Simbol Budaya saat Gelaran Baturrajazz 2023

Terinspirasi Lengger, Ahmad Tohari dan Garin Nugroho Lahirkan Karya Fenomenal

Senin, 27 Juni 2022 | 22:13 WIB
header img
Tarian Lengger Banyumasan (Foto: Dok Jagad Lengger Festival).

"Ronggeng Dukuh Paruk itu nyatanya pernah memperkenalkan Banyumas ke seluruh Nusantara dan seluruh dunia, karena novel ini sudah diterbitkan ke dalam bahasa asing," tambahnya.

Di sisi lain, sutradara kenamaan Garin Nugroho turut menceritakan pengalamannya saat mengenal Lengger Banyumas yang kemudian menjadi sumber inspirasinya. Baginya, jejak kesenian lengger identik dengan unsur mistik, horor, dan sensualitas.

"Tapi, lengger juga berhubungan dengan sastra, film, dan tari yang tumbuh pesat pada puncak-puncak tertentu, khususnya artistik. Seperti misalnya, Ronggeng Dukuh Paruk dari segi sastranya, film Kucumbu Tubuh Indahku, dan ada juga Rianto yang berkesenian tari," jelasnya.

Garin juga menceritakan, pertemuannya dengan para sosok penari lengger melahirkan inspirasi dalam menciptakan sebuah karya. Dari situ kemudian, tokoh-tokoh dalam filmnya hidup sebagai tokoh representatif atas realitas yang dialami para penari lengger.

"Misalnya bertemu dengan Rianto atau penari lengger lainnya, ternyata waktu kecil sering ditinggal-tinggal ya, karena ekonomi dan sebagainya hidup sendiri, makan sendiri, ngambil dari daun pepaya ataupun ubi, dan sebagainya," ungkapnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut