get app
inews
Aa Read Next : Idul Adha 1444 H, WOM Finance Salurkan Daging Kurban di Sekitar Kantor Cabang Cilacap

Kisah Nenek Jumiah Kumpulkan Uang Selama 15 Tahun Beli Sapi untuk Kurban

Rabu, 29 Juni 2022 | 17:30 WIB
header img
Nenek Jumih kumpulkan uang selama 15 tahun untuk kurban sapi (Foto: MNC Portal)

KENDAL, iNews.id -  Kurban saat Hari Raya Idul Adha menjadi amalan saleh bagi umat Muslim. Menyediakan hewan kurban pun selalu menjadi impian. Begitupun  dengan nenek berusia 80 tahun,  warga Kelurahan Sijeruk, Kota Kendal, Jawa Tengah berkurban seekor sapi akhirnya terwujud pada tahun ini.

Jumiah mengumpulkan uang untuk membeli sapi selama 15 tahun dari hasil mengumpulkan dan menjual barang-barang bekas. Uang hasil menabung sebesar Rp22 juta rupiah dibelikan seekor sapi dan diserahkan ke masjid dekat rumahnya.

Sehari-hari, Jumiah bekerja sebagai pemulung. Janda lansia itu berkeliling mencari barang bekas kemudian memiliahnya di teras rumah untuk dijual ke pengepul.

nenek jumiah

Nenek Jumiah kumpulkan barang bekas (Foto: MNC Portal)

Nenek Jumiah yang tinggal sendiri di rumah kecil di Kampung Gagakan itu rajin menyisihkan hasil jualan barang bekas yang digunakan untuk membeli seekor sapi kurban.

Keteguhan Jumiah mencari barang-barang bekas semata-mata tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Dia mempunyai cita-cita bisa pergi ke Tanah Suci untuk berhaji dengan uang hasil kerja kerasnya.

Sedikit demi sedikit uang itu disisihkannya. Impian untuk melaksanakan rukun Islam kelima itu pun semakin kuat digengam setelah suaminya meninggal dunia.

Jumiah sendiri tidak mempunyai anak, namun dari almarhum suami keduanya mempunyai tiga anak tiri yang semuanya sudah tinggal sendiri dengan keluarganya masing-masing.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut